Bertempat  di Gedung Fakultas Pertanian Universitas Muslim Indonesia (UMI), Jl. Urip Sumiharjo Km. 4 Makassar,  Rabu 19/10/2017 telah dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Kerjasama Pengembangan Inovasi Teknologi Pertanian antara Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Sulsel dan Fakultas Pertanian UMI.

Penandatanganan dilakukan oleh kepala BPTP Balitbangtan Sulsel Abdul Wahid  dan Dekan Fakultas Pertanian UMI Annas Boceng.

Nota kesepahaman tersebut bertujuan memberi dukungan  kepada pemerintah melalui Kementerian Pertanian untuk mewujudkan Indonesia sebagai Lumbung Pangan dunia tahun 2045. Selain itu, untuk menunjang  pelaksanaan tugas kedua instansi dalam rangka mengedepankan profesionalisme dan kompetensi dalam pembangunan pertanian, khususnya bidang ketahanan pangan di  desa mitra binaan UMI dan Kelompok Tani lainnya.

Tujuan selanjutnya, memberdayakan dan mensinergikan sumberdaya maupun pengetahuan yang ada antara kedua pihak dalam rangka menjaga ketahanan pangan.

Kedua pihak sepakat mengadakan kerjasama dalam kegiatan pengembangan tanaman padi, jagung,  kedelai serta tanaman lainnya di wilayah Sulsel, dan pengabdian kepada masyarakat berupa KKN, PKL, Magang serta pembinaan petani.

Nota kesepahaman tersebut juga berisi tanggung jawab kedua pihak, dimana BPTP Sulsel bertanggung jawab dalam pendampingan dan pengawalan teknologi spesifik lokasi, sementara Fakultas Pertanian UMI bertanggungjawab mengembangkan dan membina petani di wilayah desa mitra binaan UMI dan kelompok tani lainnya.