Bertempat di MAXONE HOTEL Makassar, Balai Besar Penelitian Tanaman Padi Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian bekerjasama dengan BPTP Balitbangtan Sulawesi Selatan, menyelenggarakan Bimbingan Teknis Inovasi Teknologi Perbenihan dan Budidaya Tanaman Padi.

Acara dibuka oleh Kepala Balai Besar Penelitian Tanaman Padi didampingi oleh Kepala BPTP Balitbangtan Sulawesi Selatan yang diwakili Kepala Seksi Pelayanan Pengkajian Faisal SP, MSi dan Kepala Lolit Tungro Dr. Fauziah MS. Acara berlangsung selama 2 hari tgl 24 s.d 25 April 2018.

Peserta bimbingan teknis berjumlah 300 org terdiri dari para penangkar benih, petani (Gapoktan), perwakilan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dari beberapa Kabupaten sentra produksi Padi di Sulawesi Selatan, peneliti dan Penyuluh BPTP Balitbangtan Sulawesi Selatan. Materi yang disampaikan pada acara ini antara lain : 1) Sertifikasi dan perbenihan Padi 2) Pengenalan varietas unggul baru Padi 3) Teknologi budidaya Padi 4) Pengenalan hama dan penyakit utama Padi.

Tujuan dari kegiatan ini adalah dalam rangka meningkatkan pengetahuan para peserta tentang perbenihan Padi dan Budidaya Padi.

Kepala Balai Besar Penelitian Tanaman Padi dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa sampai saat ini Balai Besar Penelitian Tanaman Padi telah menghasilkan 230 varietas Padi. Yang dikenal petani dilapangan baru sekitar 10 %.

Karena itu bimbingan teknis ini sangat diperlukan dalam rangka mensosialisasikan apa yang telah dihasilkan Balai Besar Penelitian Tanaman Padi secara khusus dan Badan Litbang Pertanian secara umum. (Amr)