Promi merupakan salah satu bahan aktif formula mikroba yang mengandung mikroba pemacu pertumbuhan tanaman, pelarut hara dan juga dapat sebagai pengendali penyakit pada tanaman.

Kamis (26/), dikoordinir oleh penyuluh BPTP Balitbangtan Sulsel Farida Arief, memberikan Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik dengan Menggunakan Promi kepada anggota Kelompok Wanit Tani (KWT) Selasih di Kompleks Perumahan Makkiobaji, Kel.Bangkala, Kec. Manggala, Kota Makassar.

Pelatihan ini dihadiri oleh Bapak Lurah Kec. Manggala beserta staf, Ka. BPP, Koord. Penyuluh, Penyuluh, Ketua KWT, Ketua Poktan, Team Teknis BPTP Balitbangtan Sulsel serta masyarakat sekitarnya.

Dalam pelaksanan pelatihan, Farida Arief mengatakan “Ini akan memberikan manfaat yang baik dalam mengelola sampah tanaman yang ada dipekarangan untuk dibuat menjadi pupuk organik dan hasilnya langsung dapat diaplikasikan pada tanaman sayuran. Caranya juga sangat mudah dan tidak menggunakan biaya yang mahal.

Lanjut dikatakan, pupuk organik yang dihasilkan nanti jika diaplikasikan pada tanaman yang ada, manfaatnya dapat meningkatkan produktivitas tanaman karena kandungan yang terdapat dalam pupuk organik tersebut memiliki kandungan bahan organik dan unsur hara yang diperlukan dalam tanah.

Dengan menggunakan pupuk organik dalam pemanfaatan pekarangan akan menghasilkan sayuran organik yang murah dan bebas dari pestisida, selain itu untuk tetap menjaga lingkungan tetap asri dan sehat, karena pangkasan atau limbah dari tanaman yang ada diharapkan dapat dijadikan pupuk organik sehingga betul-betul akan tercipta lingkungan hijau yang sehat, indah dan bersih, demikian kata farida.