Badan Litbang Peranian Kementerian Pertanian bekerjasama dengan Badan Kontak MajelisTaklim (BKMT) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dengan topik Pemanfaatan Tanaman Obat.

Bimtek  berlangsung sehari penuh pada Jumat 27 April 2018, bertempat di Hotel Clarion Makassar.

Peserta Bimtek sebanyak 500 orang terdiri dari pengurus BMKT cabang Kota Makassar.

Pelaksanaan Bimtek tersebut dibuka oleh Bapak Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Perkebunan Dr. Ir.Fadjry Djufry, M.Si  didampingi Anggota DPR RI Aliyah Mustika Ilham yang juga selaku ketua BMKT Makassar.

Kapuslitbangbun  Badan Litbang Pertanian  dalam sambutan pembukaannya mengatakan bahwa Indonesia memiliki ratusan jenis tanaman obat yang tumbuh namun hanya sedikit orang yang menyadari manfaat tanaman tersebut bagi kesehatan.

Kapuslitbangbun juga  mengatakan, tugas Badan Litbang Pertanian meneliti khasiat dan kandungan  tanaman obat tersebut.  Karena itu melalui Bimtek ini kita mengedukasi masyarakat agar tau apa saja tanaman tersebut dan kemungkinan ditanam di pekarangan rumah.

Beliau juga mengapresiasi peran Ibu Aliyah Mustika Ilham  sebagai legislator  yang mempunyai kepedulian dalam membangun  potensi kesehatan didalam keluarga.

Selanjutnya pada pelaksanaan Bimtek ini Ibu  Aliyah menyampaikan arahannya, Bimtek ini berguna memberikan pemahaman kepada ibu ibu mejelis taklim dalam memanfaatkan tanaman  menjadi obat yang bermanfaat bagi keluarga, karena obat obatan yang berasal dari tanaman ini lebih sehat.  Peran ibu ibu dalam rumah tangga merupakan gardu terdepan dalam menciptakan keluarga yang sehat dan mandiri.  Karena itu Bimtek ini sangat tepat diikuti oleh ibu ibu majelis taklim dan semoga ilmunya bisa dibawa pulang dan dimanfaatkan dengan baik di rumah  dan keluarga.