Bertempat di Auditorium Gedung F Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Jln. Harsono RM No. 3 Ragunan, Pasar Minggu Jakarta Selatan, Selasa - Rabu 8 - 9 Mei 2018, Kementerian Pertanian melalui PPID Utama Biro Hubungan Masyarakat dan Informasi Publik, Sekertariat Jenderal Kementerian Pertanian, menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi.

Rakor tersebut mengusung Tema Peran PPID dalam Penderasan Informasi, Menyongsong Indonesia Lumbung Pangan Dunia Tahun 2045.

Hadir dalam pelaksanaan Rakor Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Komisioner Komisi Informasi Pusat, Akademisi (Guru Besar Universitas Indonesia), PPID Kementerian Keuangan (Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi) dan Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian.

Beberapa materi Yang disampaikan pada Rakor : 1) Strategi Pengelolaan Dokumentasi Informasi Di Era Digital, 2) Peran PPID Kementan dalam Melaksanakan Komunikasi Pemerintah Di bidang Pertanian, 3) Arah Kebijakan Pengelolaan Informasi Publik di Kementerian Pertanian, 4) Pelayanan Prima dalam Mendorong Keterbukaan Informasi Publik dan 5) Pemanfaatan Layanan Berbasis TIK dalam Mendukung Keterbukaan Informasi Publik di Kementan.

Adapun peserta dalam pelaksanaan Rakor berasal dari : Sekretaris Ditjen/Badan/Itjen Lingkup Kementan, Kepala Biro/Pusat Lingkup Sekretariat Jenderal, PPID Utama, PPID Pelaksana, dan PPID Pembantu Pelaksana Lingkup Kementan, Pejabat Fungsional Pranata Humas, Pustakawan, Pranata Komputer dan Arsiparis yang mengelola Dokumen Informasi Publik.

Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan rakor adalah 1) Tercapainya penyelenggaraan program dan kegiatan pengelolaan informasi dan dokumentasi, berhasil guna dalam mendukung program dan pelayanan publik Kementan, 2) Tercapainya pengelolaan dan penyampaian informasi yang lebih proaktif kepada berbagai publik dengan mengikuti perkembangan teknologi dan informasi dan, 3) Tersedianya informasi yang dikuasai UK/UPT yang dikemas melelalui website.