Desa Macero, Kecamatan Belawa, Kabupaten Wajo, Senin 9 Juli 2018 menerima kunjungan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman dalam helatan kunjungan kerja di Sulawesi Selatan.

Maksud dari Kunjungan kerja yang dilakukan oleh bapak Mentan yakni peninjuan lahan sawah yang terkena guso/gagal panen karena banjir di beberapa wilayah Kab. Wajo.

Banjir yang melanda beberapa wilayah tersebut berdampak pada kerugian panen yang dirasakan oleh petani.

Olehnya itu, pada kunjungan Mentan tersebut Pemerintah Daerah setempat melaporkan bahwa pada Musim Tanam April - September 2018 luas lahan sawah di Kabupaten Wajo 100.354 ha dengan luas pertanaman padi 91.126 ha. Luas lahan terkena banjir 7.591 ha, terjadi pada beberapa kecamatan ; Kec. Tempe 196 ha, Kec. Tanasitolo 465, Kec. Maniangpajo 318 ha, Kec. Belawa 3.785, Kec. Sabangparu 826 ha, Kec. Pammana 305 ha, Kec. Majuleng 1.223, Kec. Bola 473 ha.

Menindaklanjuti hal tersebut, oleh Mentan dikatakan pemerintah telah menyiapkan beberapa bantuan yang dibutuhkan oleh petani guna mengantisipasi kegagalan panen yang dialami petani pada musin kemarau. Bentuk bantuan yang diberikan berupa alat mesin pertanian ; pompa air sebanyak 5 unit, Traktor roda 4 sebanyak 5 unit, benih padi, pupuk dan asuransi usaha tanaman padi.

Perbaikan-perbaikan saluruhan irigasi juga dilakukan guna mengantisipasi gagal panen pada musim kemarau, demikian kata Mentan Andi Amran Sulaiman.