Barru, 14 September 2018, BPTP Balitbangtan Sulawesi Selatan melaksanakan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian Daerah dan Diseminasi Inovasi Pertanian, bertempat di Baruga Singkeru AdaE, Kabupaten Barru.

Menjadi peserta pada pelaksanaan Bimbingan Teknis ( Bimtek) adalah Penyuluh se-Kabupaten Barru dan Kelompok Peternak yang berjumlah 80 orang.

Pelaksanaan Bimtek yang dilaksanakan sehari tersebut  dihadiri dan dibuka langsung oleh Bupati  Kab. Barru  Suardi Saleh. Dalam arahannya mengapresiasi BPTP Balitbangtan Sulawesi Selatan yang telah memilih Kabupaten Barru sebagai satu-satunya kabupaten yang mendapat paket lengkap kegiatan Peningkatan Komunikasi Koordinasi dan Diseminasi Inovasi Pertanian di Provinsi Sulawesi Selatan yakni Temu Teknis Inovasi Pertanian (Peneliti, Penyuluh BPTP), Peningkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian Daerah, dan Kaji Terap Inovasi Pertanian.

Selanjutnya, Suardi Saleh berharap dengan dilaksanakannya kegiatan Bimtek ini seluruh penyuluh dapat menambah wawasan dan pengetahuannya yang sangat berguna dalam melaksanakan tugas kesehariannya sehingga mampu menjadi penyuluh yang bermartabat dan berkompeten.

Peningkatan kapasitas penyuluh dan diseminasi inovasi hasil pengkajian teknologi pertanian spesifik BPTPlokasi yang dilaksanakan oleh BPTP Balitbangtan Sulsel, melalui Bimtek ini  diharapkan menjadi materi penyuluhan dalam kegiatan penyuluhan pertanian di lapangan dan dapat memberikan manfaat untuk : percepatan transfer dan proses adopsi teknologi Balitbangtan, mendekatkan sumber inovasi kepada penyuluh dan petani, sehingga senjan nsampaikan ginovasi hasil penelitian dan pengkajian dapat dikurangi, (3) bagi penyuluh pertanian  daerah/lapang.

Pelaksanaan Bimtek ini juga diharapkan dapat memberikan amunisi baru dalam melaksanakan tugas penyuluhan pertanian serta meningkatkan wawasan untuk mengembangkan inovasi metode komunikasi dan diseminasi, serta menjadi wahana penjaringan umpan balik untuk penyempurnaan teknologi sehingga terwujud inovasi secara berkesinambungan dan identifikasi kebutuhan teknologi spesifik lokasi  serta dapat berkontribusi terhadap terwujudnya research – extension – farmers –linkage (REFL) yang lebih baik.

Beberapa materi disampaikan pada Bimtek ini, yakni :  Teknologi Pembuatan Pakan dan Jamu Ternak yang dibawakan oleh Ir. Mathius Sariubang, MS dilanjutkan dengan praktek penyusunan komposisi bahan pakan, pembuatan pakan serta jamu tradisional.

Turut hadir dalam acara ini Sekretaris Dinas Pertanian Kab. Barru, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kepala Bidang Penyuluhan, Kepala Seksi Kelembagaan, Kepala Seksi Ketenagaan, dan Kepala Seksi Penyelenggara Penyulruhan, Peneliti dan penyuluh BPTP Balitbangtan Sulawesi Selatan.