Rapat Kordinasi (Rakord) Percepatan Luas Tambah Tanam (LTT) bulan September yang dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis Teknologi Budidaya Padi, Jagung dan Kedelai, dilaksanakan pada tanggal 19 September 2018 di Aula sakota kota Palopo.

Rakord dihadiri oleh Direktur Aneka Kacang dan Umbi (Akabi), Direktorat Jendral Tanaman Pangan Beserta Tim Dirjen Tanaman Pangan, Kepala BPTP Balitbangtan Sulawesi Selatan, Kepala Dinas Pertanian se Luwu raya (Kab. Luwu, Kota Palopo, Kab. Luwu Utara, kab. Luwu Timur), Kepala Bidang Tanaman Pangan, PPK/KCD se luwu raya, serta jajaran Kodim Sawerigading.

Rakord LTT tersebut dibuka oleh ka. BPTP Balitbangtan Sulawesi selatan. Dalam paparannya Ka. BPTP dijelaskan bahwa rakor LTT se Luwu raya tersebut dilaksnakan dalam rangka menindaklanjuti Rakor sebelumnya bersama Dirjen Tanaman Pangan terkait percepatan LTT guna mengantisipasi kekeringan.

Seanjutnya, oleh Direktur Akabi dalam paparannya lebih banyak menjelaskan tentang teknis pengadaan, distribusi serta alokasi dan kuota benih.

Masih pada lokasi yang sama, usai melakukan raokord Percepaan LTT, acara dilanjutkan denan Bimbingan Teknis Bimbingan Teknis Teknologi Budidaya Padi, Jagung dan Kedelai.

Bimtek ini bertujuan untuk memberikan informasi teknis budidaya dan usahatani padi jagung dan kedelai serta transfer teknologi pada penyuluh maupun Kcd di daerah tersebut. Pelaksanaan Bimtek ini juga merupakan rangkaian dalam mendukung percepatan LTT khususnya dalam mengantisipasi kekeringan di lapangan.