Nota kesepahaman yang di tandatangani langsung Manteri Pertanian A. Amran Sulaiman dalam rangka kerjasama Kementerian Pertanian dengan Universitas Muhamadiyah (UNISMUH) Makassar. Kerjasama dalam rangka mewujudkan Indonesia swasembada pangan berkelanjutan dengan menggandeng kampus-kampus untuk mengelola lahan pertanian. MoU di laksanakan pada Jumat 25 Nopember 2016 bertempat di Balai Sidang Universitas Muhammadiyah Makassar.

Dalam MoU ini Kementerian Pertanian memberikan bantuan 10 ribu hektar lahan, bibit tanaman pangan, pupuk dan traktor. Amran sulaiman berharap agar bantuan ini di manfaatkan dengan baik, hingga nantinya dapat berproduksi untuk memenuhi kebutuhan sendiri bahkan berproduksi untuk export. Kalau di kerjakan dengan baik saya yakin beberapa tahun kedepan kita tidak perlu lagi import, bahkan 30 tahun kedepan Indonesia harus menjadi lumbung pangan di dunia.

Rektor UNISMUH Rahman Rahim mengatakan bahwa UNISMUH akan turut serta dalam program swasembada pangan. UNISMUH kini memiliki 1.000 hektar lahan yang 90 persennya belum di kelola.