Rapat Kerja II Badan Litbang Pertanian 2016 mengangkat tema "Dukungan Inovasi Pertanian Mewujudkan Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia" di laksanakan di Auditorium Sadikin Sumintawilkarta, Kanpus Litbang Pertanian, Cimanggu-Bogor, Rabu 27 - 29 November 2016.

Acara ini dibuka okeh Ka. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Dr. Ir. Andi Muh. Syakir, MS dan di hadiri oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian, Kepala Badan PPSDMP, Perwakilan FKPR, Sekretaris Badan, Kepala Puslitbang/BB serta Kepala Balit/Lolit dan BPTP/LPTP, Kepala Bidang dan Bagian UK/UPT Badan Litbang Pertanian, dan para Peneliti/Penyuluh/Perekayasa Senior.

Tujuan dari pelaksanaan Rapat Kerja ini, adalah :

  1. Merumuskan dukungan inovasi Balitbangtan dalam peningkatan produksi 7 komoditas utama (padi, jagung,kedelai, bawang merah, cabe, daging,sapi, dan tebu) serta pengembangan tata kelola air irigasi dan mekanisasi pertanian untuk kurun waktu 2016-2045.
  2. Menginisiasi sinergi dan sinkronisasi dalam pengembangan inovai untuk mendukung peningkatan produksi 7 komoditas utama (padi. jagung, kedelai, bawang merah, cabe, daging sapi dan tebu), serta pengembangan tata kelola air irigasi dan mekanisasi pertanian; dengan lembaga riset  lain, khususnya perguruan tinggi.
Keluaran yang diharapkan dari peyelenggaraan Rapat Kerja ini adalah tersusunya rekomendasi dukungan inovasi Balitbangtan dalam peningkatan 7 komoditas utama  serta pengembangan tata kelola air irigasi dan mekanisasi pertanian untuk kurung waktu 2016-2044.
 
Adapun secara spesifik keluaran yg diharapkan dari pelaksanaan Raker ini adalah tersusunya fokus kegiatan pengembangan inovasi pertanian untuk mewujudkan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia 2045.