Kamis, 26 September 2018, Perpustakaan RI bekerjasama dengan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) menyelenggarakan Seminar Nasional.

Seminar Nasional dengan tema Pemanfaatan TIK Dalam Mewujudkan Masyarakat Digital Indonesia, diselenggarakan di Ruang Serbaguna, Lt.4 - Perpustakaan Nasional RI, Jl. Merdeka Selatan No. 11 Jakarta,.

Hadir sebagai peserta pada seminar ini adalah pustakawan, dosen, mahasiswa (i) yang berasal dari instansi pemerintah pusat/daerah dan universitas perguruan tinggi swasta dan negeri dari berbagai daerah.  Pustakawan BPTP Balitbangtan Sulsel pun turut hadir dalam seminar tersebut.

Guna menambah pengetahuan dan wawasan para pelaku pengelola informasi, beberapa materi disampaikan oleh para narasumber pada seminar ini.

Beberapa materi tersebut adalah : Ketersediaan e-resources di Perpustakaan Nasional untuk Masyarakat Digital Indonesia (Widiyati Kania, S. Sos, MP/Perpustakaan Nasional), Pengembagan dan Pemanfaatan (Arief Wicaksono/Perpustakaan Nasional), dan Pengembangan dan Pemanfaatan e -resouces di Perguruan Tinggi (Arif Surahman, MBA/ Universitas Gajah Mada).

Materi selanjutnya adalah : Strategi Pemgembangan  IOS sebagai Integrated-gateway Informasi Digital Nasional Indonesia (Ismail Fahmi, Ph.D/Pengembang dan Perancang Indonesia One Search), Hak Cipta dan Plagarisme untuk Masyarakat Digital Indonesia (Dr.Faud Gani, Ss., MA/ Universitas Indonesia), dan Peran FPPTI Dalam Pemanfaatan dan Pengembangan Indonesia One Search (Imam Budi Prasetiawan, M. I. Kom/Binus University).