Badan Litbang Pertanian bekerjasama dengan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulawesi Selatan dan BPTP Sulawesi Selatan, menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dengan topik " Peran dan Strategi Penelitian Pangan dan Pertanian Nasional" bertempat di Aula BPTP Sulawesi Selatan pada hari Selasa, 10 Mei 2016.

FGD dihadiri oleh sekitar 60 orang peserta, berasal dari pemerintah propinsi Sulawesi Selatan, SKPD Lingkup Pertanian Sulawesi Selatan, Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Makassar, Balai Besar Pelatihan, BPS, UPT Lingkup Kementerian Pertanian di Sulawesi Selatan, pemerintah Kab. Pinrang dan Takalar serta Peneliti dan Penyuluh  BPTP Sulawesi Selatan.

Acara FGD dibuka oleh Kepala Badan Litbang Pertanian di wakili oleh Kepala BPTP Sulawesi Selatan DR. Muhammad Yasin, MP dan pembingkaian FGD di sampaikan oleh Prof. DR. Ir. Tahlim Sudaryanto selaku Ketua Tim Analisis Kebijakan Badan Litbang Pertanian.

Materi yang disampaikan pada FGD ini antara lain :

1. Penilaian dan umpan balik pemerintah kabupaten terhadap Inovasi Teknologi Badan Litbang Pertanian, yang di sampaikan oleh pemerintah kabupaten Pinrang.

2. Penilaian pemerintah provinsi Sulawesi Selatan mengenai teknologi dan kegiatan yang dilakukan Badan Litbang Pertanian khususnya terkait dengan BPTP dan Balit pada saat ini dan harapankedepan, yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian TPH Provinsi Sul-Sel.

3. Posisi BPTP dalam kegiatan penelitian dan pengembangan pertanian pada saat ini dan transformasi kelitbangan yang diinginkan BPTP ke depan, yang di sampaikan oleh Kepala BPTP Sulawesi Selatan

Melalui acara FGD ini para peserta aktif memberikan sumbangan pemikiran dalam rangka perbaikan dan pengembangan arah penelitian, pengkajian dan diseminasi teknologi kedepan.

Dengan demikian maka peran dan strategi penelitian pangan dan pertanian Nasional kedepan akan lebih terarah.