Makassar, Jumat (30/10/15) bertempat di Aula 2 BPTP Sul Sel dilakukan Focus Group Discussion bidang peternakan guna menunjang Instrumen Kebijakan dalam Penyelamatan  Sapi Betina Produktif di Sulawesi Selatan.  Pertemuan ini dibuka oleh Ka. Seksi Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian BPTP Sul Sel Ir. Ramlan, M.Si. Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternkan (Puslitbangnak) dengan Balai Pengkajan Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Selatan.

Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan ini bertujuan untuk memperoleh masukan maupun informasi bidang peternakan mengenai suatu permasalahan kebijakan dalam penyelamatan sapi betina yang ada di Sulawesi Selatan.  FGD di pimpin oleh Prof. Dr. Ir. Tjeppy D.Soedjana, M.Sc  Ahli Peneliti Utama pada Puslitbangnak.  Turut hadir dalam FGD Dr. Andi Ella, M.Sc peneliti peternakan, Dr. Abd. Gafar Tahir, M.Si Peneliti Sosek, Ir, Matheus Sariubang, MS, dan Andi Nurhayu, S.Pt, M.Si Peneliti Peternakan BPTP Sul Sel.

Tiga materi yang disampaikan pada FGD adalah Penyelamatan Sapi Betina Produktif Di Sulawesi Selatan oleh Drh. Nurlina Saking, SH, MKes, MH (Ka. UPTD Pembibitan Ternak dan Hijauan Makanan Ternak Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Selatan), Pemotongan dan Pemasaran Sapi di Sulawesi Selatan oleh Prof Dr. Jasmal A. Syamsu (Dosen/Guru Besar Fakultas  Peternakan UNHAS juga sebagai Pengurus Cabang ISPI Sulawesi Selatan), dan Perkembangan Supplay Dan Deman Sapi Potong Oleh Ir. H.Jundawi, MM (Asosisasi Perdagangan Sapi dan Kerbau Makassar).