Kementerian Pertanian RI melakukan kerjasama dengan Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar dan Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar dalam menghasilkan Inovasi Pertanian guna mewujudkan program Nawacita Kementerian Pertanian.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan Rektor UMI Prof. DR Masrurah Mokhtar MA dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian yang di saksikan Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Bogor 30 Oktober 2015 lalu. Selain UNHAS dan UMI, ada 14 Perguruan Tinggi lain yang melakukan kerjasama.

Kerjasama ini disektorkan pada tiga aspek yaitu : Pengembangan Tanaman Sains pertanian, Taman Teknologi pertanian (TTP) dan Gelar Lapang Inovasi Pertanian (GLIP).

Kepala Badan Litbang Pertanian DR. IR. Muhammad Syakir MS, mengatakan bahwa keberhasilan program bidang pertanian tidak hanya di dukung oleh amunisi dari lingkungan UPT lingkup Badan Litbang Pertanian tapi juga membutuhkan amunisi dalam bentuk inovasi baru; kreativitas hasil penelitian dari para peneliti yang berasal dari perguruan tinggi.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyampaikan bahwa penandatanganan kerjasama ini menunjukan komitmen perguruan tinggi untuk mendukung program pemerintah.