Kegiatan Pelatihan Peternakan di Lokasi Taman Teknologi Pertanian Kabupaten Bone dilaksanakan pada Hari Jumat, 13 November 2015 bertempat di Aula Pertemuan Desa Kajao Lalidddong dan dihadiri oleh petani, peternak, penyuluh, peneliti dan narasumber dari Balitnak Ciawi dan Loka Sapi Grati.

Acara dibuka oleh Kepala BP4K yang diwakili oleh Kabid Penyuluhan Ir. Bekti. Dalam arahannya Ir Bekti menyampaikan dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan tidak hanya kemampuan petani melainkan motivasi untuk menjadi peternak yang berani, jangan menjadi petani yang nekat dalam artian beternak tanpa bekal ilmu, agar hasil yang diharapkan bisa maksimal.

Diakhir arahannya Kabid Penyuluhan menyampaikan bahwa diharapkan dengan adanya pelatihan ini wawasan peternakĀ  bisa bertambah terutama mengenaiĀ  manajemen beternak dan formulasi pakan.

Dalam paparannya dua narasumber menyampaikan materi tentang beternak itik antara lain : sistem pembibitan Itik Master yang disampaikan oleh Dr Triana Susanti; sementara Dr MaijonĀ  menyampaikan materi tentang Kebutuhan Gizi dan Teknik Formulasi Ransum Itik. Itik sendiri merupakan komoditas unggas primadona di Sul-Sel yang sangat potensial untuk dikembangkan sehingga dilokasi TTP dijadikan sebagai sentra pembelajaran baik teknologi pakan, pembibitan maupun manajamen pemeliharan.

Narasumber ketiga Dr Aryogi menyampaikan materi tentang pemanfaatan dan pengolahan limbah pertanian sebagai pakan ternak. Pemaparan ketiga narasumber tersebut disambut dengan berbagai pertanyaan dari peserta pelatihan dalam session diskusi yang sangat interaktif.