BPTP Balitbangtan Sulsel, Soppeng -Bersama Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi  Eko Putro Sandjojo, hadiri Kemah Bakti Pertanian diDesa Medde Kecamatan Maroriawa Kabupaten Soppeng (17/11/17).

Kemah Bakti Pertanian yang dilakukan mengusung tema “Kita Wujudkan Ketahanan Pangan Berbasis Kearifan Lokal Yang Kreatif, Inovatif, dan Berkarakter Menuju Kedaulatan Pangan.

Kedatangan ke dua menteri tersebut diawali dengan penanaman pohon di lokasi kemah bakti pertanian yang didampingi oleh Bupati Soppeng A. Kaswadi Razak.

Usai melakukan penanaman pohon, Kementan dan Kemendes PDTT melakukan dialog langsung dengan masyarakat yang kemudian disusul  dengan penyerahan bantuan kepada Pemda Soppeng.

Bantuan yang diberikan berupa sarana dan prasarana, meliputi : bibit, pupuk, alsintan, ternak kambing, pemipil jagung, dan penyerahan bantuan model bumdes secara simbolis, berupa ; 1)  bantuan usaha bumdes bersama dalam rangka koorporasi pertanian, 2) Bantuan modal bumdes pengembangan usaha, 3) bantuan modal usaha ekonomi keluarga serta bantuan usaha santriwati/santriwan.

Harapan yang diinginkan dari pemberian bantuan ini adalah agar pemda fokus pada satu komoditas tertentu dalam skala yang lebih besar agar memperlihatkan hasil yang lebih besar pula dan segala program dana desa wajib dan harus diakukan secara swakelola.

Selanjutnya, dilanjutkan Lunching Teknologi Badan Litbang Pertanian Kementan berupa teknologi vaksin unggas, vaksin sapi dan teknologi informasi kesehatan hewan dari Kepala Badan Litbang Pertanian ke Mentan, yang selanjutnya diserahkan ke dokter hewan Hartono.