Undang Undang No. 7 tahun 1996 tentang Pangan disebutkan bahwa ketahanan pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi setiap rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup baik jumlah maupun mutunya, aman, merata dan terjangkau.

Menindak lanjuti dari hal tersebut, Badan Litbang Pertanian melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Selatan melaksanakan berbagai demontrasi kegiatan pertanaman.  Salah satu diantaranya model percontohan Rumah Pangan Lestari (RPL) yang di lakukan di Kelurahan Macinni Sombala, Kecamatan Tamalate Makassar. alam rangka pelaksanaan Hari Pangan Sedunia.  Pelaksanaan kegiatan ini di sambut baik oleh masyarakat yang bermukim di lokasi tersebut dan ini merupakan hal yang baru bagi mareka.  Merupakan hal yang baru juga bagi masyarakat setempat ketika Selasa (4/11) pukul 18.30 Menteri Pertanian RI Dr. Ir. Amran Sulaiman, didampingi Gubernur Sulawesi Selatan Dr. Syahrul Yasin Limpo dan Kepala BPTP Sulawesi Selatan Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si melakukan kunjungan di lokasi tersebut.

Kedatangan Amran Sulaeman disambut baik oleh masyarakat setempat. Kepala BPTP Sul Sel Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si mengatakan bahwa ; model percontohan RPL ini memungkinkan masyarakat perkotaan untuk memanfaatkan halaman yang ada untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka.  Pada lokasi tersebut, di tampilkan beberapa model pertanaman sayuran antara lain Wallkaponik, Vertikultur dan wallgarden.

Menteri Pertanian sangat mengapresiasi Gelar Teknologi yang dilakukan dalam rangka Hari Pangan Sedunia dan berharap agar dikembangkan secara meluas di masyarakat.