Setelah melakukan kunjungan kerja di Kab. Sidrap dan Pinrang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama ibu negara Iriana  menyepatkan diri meninjau lokasi acara Hari Pangan Sedunia (HPS) di Taman Terbuka Hijau Macini Sombala Makassar.

Presiden Jokowi dan Ibu  Iriana di dampingi oleh Menteri Pertanian Amran Sulaeman, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo tiba di lokasi pukul 18.41 Wita, Rabu 5 November 20014.

Rombongan Presiden disambut oleh beberapa pejabat Kementrian Pertanian yakni Direktur Jenderal Hortikultura Hasanuddin Ibrahim, Kepala BPTP Sulawesi Selatan Fadjry Djufry dan beberapa pejabat pemerintah Provinsi Sul Sel lainnya.

Kedatangan Presiden Jokowi langsung ke lokasi Gelar Teknologiyang dilakukan oleh Kementrian pertanian dan Pemprov Sulawesi Selatan.   Lokasi yang pertama yang dikunjungi oleh Jokowi adalahGelar Teknologi Cabe yg di gelar oleh Direktorat Jenderal Hortikultura dan selanjutnya ke lokasi Gelar TeknologiLitbang Pertanian di dampingi Oleh Kepala BPTP Sulawesi Selatan Fadjri Djufry.Pada lokasi  Gelar Teknologi Litbang Pertanian di gelar beberapa jenis tanaman, antara lain sumber protein : Tanaman Kedelai, Kacang Tanah, Kacang Hijau, Tanaman Toga dan Tanaman sumber karbohidrat (jagung, sorgum dan umbi umbian).

Pada kesempatan kunjungannya Presiden Jokowi mengharapkan agar target untuk swasembada kedelai, jagung dan beras dapat dicapai selama 3 tahun.