Hari Pangan Sedunia ke XXXIV, yang diadakan di Taman  Maccini Sombala, 6 November 2014 dibuka oleh Gubernur Sul-Sel Syahrul Yasin Limpo mewakili Presiden RI yang di hadiri Oleh Ibu Wakil Presiden RI. Sedianya acara HPS akan di buka oleh Presiden RI Joko Widodo, namun karena pada waktu yang bersamaan Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sul-Bar dan Sul-Tra. Namun demikian pada waktu yang bersamaan Presiden Jokowi menyempatkan mengunjungi lokasi peringatan HPS malam sebelumnya yaitu rabu 5/11 di dampingi Menteri Pertanian dan Gubernur Prov. Sul-sel.

Peringatan HPS tahun ini di rangkaikan dengan Pekan Flori dan Flora Nasional (PF2N).  Turut hadir dalam acara pembukaan acara HPS beberapa perwakilan Duta Besar Negara sahabat, Perwakilan FAO serta undangan lainnya.

Pembukaan dilakukan secara simbolis ditandai dengan pemukulan gong, pada akhir acara di lanjutkan dengan peninjauan Gelar Teknologi dan pameran.  Ibu Mufidah Yusuf Kalla di dampingi Gub. Prov Sul-Sel Syahrul Yasin Limpo, dan Duta Besar Negara sahabat dan undangan berkeliling ke lokasi HPS dan PF2N.

Kegiatan HPS dan PF2N berlangsung di Taman Maccini Sombala, Makassar 6-11 November 2014 dengan berbagai kegiatan yang di lakukan terkait dengan perayaan HPS tersebut.

Berbagai acara di laksanakan pada peringatan Hari Pangan Sedunia, antara lain :

  1. Seminar HPS dengan Tema  Perpatian Bio Industri Berbasis Pangan Potensial di hadiri oleh 335 orang dari kalangan akademisi, peneliti, LSM, Pakar, Birokrat , paktisi dan masyarakat yang terdiri dari makalah utama dan 8 makalah pendukung
  2. Seminar PF2N dengan Tema investasi vertikultura Peluang dan Tantangan, pembicara tokoh pemerintah, tokoh pengusaha dan tokoh swasta
  3. Seminar yang dilaksanakan oleh  EO HPS dengan tema Tantangan Dunia Agriisnis Menghadapi Masyarkat Ekonomi asean di tahun 2015

Pameran HPS dan PF2N yang terdiri dari 184 stand pameran HPS dan  110 stand PF2N  yang berasal  dari Dinas Pertanian Provinsi dan Kota, Pemda Kabupaten, Kementrian Pertanian, BUMN, perusahaan pupuk, pestisida, dan benih, Perguruan Tinggi, Kementerian di luar pertanian dll.

Sekitar  25 ribu pengunjung yang tercatat menghadiri kegiatan HPS, belum termasuk dari anak skolah TK, SD, SMP dan mahasiswa .ilmu dan teknologi di pelajari di Macini Sombala.

Diplomatik Tour dan visata agro juga dilaksankanan dalam kegatan HPS dan PF2N , Duta Besar Negara Sahabat dan Perwakilan FAO mengunjungi beberapa tempat Wisata agro yang ada di Sulawesi Selatan, antara lain : Benteng Belanda, Museum Lagaligo, Balai Penlitian Serealia (Balitsereal),  Balai  Penelitian Perikanan Air Payau, Taman Nasional Bantimurung, Rumah Besar Barang Lompoa di Kab. Gowa, Pusat Kerajinan Sulawesi Selatan di Jalan Sumba Opu – Makassar.

Berbagai lomba dilakukan dalam memperingati HPS, antara lain Lomba, Cipta menu berbasis sumberdaya lokal yg di ikuti oleh 28 Provinsi dan beragam bentuk perlombaan lainnya yang terkait dengan peringan HPS.

Pada penutupan acara di lakukan panen bersama Gubernur, Wakil gubernur dan walikota Makassar di lokasi Gelar Teknologi.