Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian - Kementerian Pertanian,  merupakan salah satu lembaga riset yang partisipatif dalam menghasilkan inovasi-inovasi teknologi pertanian dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan masyarakat di lapangan.

Berbagai upaya kreatif dengan sentuhan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  dilakukan oleh Badan Litbang pertanian melalui bidang data dan informasi dalam menghasilkan informasi-  informasi inovasi teknologi pertanian guna memenuhi layanan informasi publik yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Olehnya itu, dalam menyatukan persepsi terkait dengan kebijakan-kebijakan bidang informasi publik dan kehumasan serta mencari solusi dari setiap kandala-kendala yang ada dalam memenuhi data dan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat, Badan Litbang Pertanian menyelenggarakan Koordinasi Pengelolaan Informasi dan Komunikasi (TIK) Lingkup Balitbangtan dengan mengusung tema " Inovasi TIK dalam Mendukung Pertanian 4.0.

Koordinasi TIK yang penempatan pelaksanaanya di Hotel Dafam Semarang, tanggl 5 s.d 7 Agustus ini, di hadiri oleh Kabid Sarana dan Prasarana Badan Litbang Pertanian, Kepala BPTP Balitbangtan Jawa Tengah, dan sebanyak  65 orang peserta terdiri dari penanggung jawab dan pengelola TIK di UK dan UPT lingkup Balitbangtan.

Adapun agenda kegiatan menjadi materi dan bahan diskusi oleh para penanggungjawab/pengelola TIK, anatar lain : (1) Kebijakan pengelolaan kehumasan dalam mendukung 4.0, (2) TIK Kementerian Pertanian  dalam mendukung 4.0, (3) Peran IoT dan mendukung pertanian di era revolusi industri, dan (4) Dukungan IT dalam menghadapi pertanian 4.0.

Beberapa hasil kemasan infomasi dalam bentuk video aplikasi UK/UPT mendukung 4.0 juga menjadi bahan materi percontohan dan sharing kepada pengelola TIK pada agenda rapat koordinasi ini, dengan harapan dapat menciptakan terobosan-terobosan baru dalam menghasilkan karya digital inovasi teknologi pertanian yang kemanfaatanya dapat diaplikasikan oleh masyarakat di era digital 4.0.