Print
Parent Category: Berita
Category: Info Aktual

Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Repoblik Indonesia ke-74 dengan tema Sumber Daya Manusia Unggul Indonesia Maju, (17/8) Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balibangtan Sulawesi Selatan menggelar upacara bendera yang dilaksanakan  di halaman kantor BPTP Balitbangtan Sulsel Jl.Perintis Kemerdekn Km 17,5 Sudiang-Makassar.

Upacara yang dilaksanakan ini, dipimpin langsung oleh Kepala BPTP Balitbangtan Sulsel Abdul Wahid dan diikuti oleh seluruh pegawai mulai dari pejabat struktural, peneliti, penyuluh, pustakawan, fungsional umum, teknisi, tenaga magang dan purnabakti.

Saat mempimpin upacara tersebut, Abdul Wahid memberikan arahan  bagaimana membangkitkan kembali nilai-nilai patriotisme, nilai-nilai juang yang telah dilakukan oleh para pandiri bangsa/fonding father bangsa  sebelum kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Oleh Abdul Wahid dikatakan bahwa Fonding Father bangsa SoekarnoHattapada tanggal17 Agustus 1945 memproklamirkan kemerdekaan Indonesia sehingga kita  secara internasional dinyatakan merdeka, bebas berdaulat, sehingga seperti sekarang ini, berdaulat dan menjadi salah satu Negara yang di pertimbangkan di mata dunia.

Alhamdullillah kita sebagai generasi pelanjut, karena kita tidak terlibat langsung  didalam proses bagaimana fonding father kita berjuang tanpa pamrih untuk memperjuangkan bagaimana kita bebas dari belanggu penjajahan sampai sekarang, kita bebas menentukan nasib sendiri, kita bisa berdaulat, dan kita selaku bangsa, selakumasyarakat, selakua aparatur sipil Negara tentunya bagaimana kita mengisi kemerdekaan ini dengan sesuatu kegiatan yang bisa bermanfaat sebaik baiknya untuk bangsa yang kita cintai ini, kata AbdulWahid.

Pada tahun ini tema atau tagline line peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia adalah SDM Unggul Indonesia Maju.

SDM unggul, ini adalah yang kita harapkan ke depan, karena mau tidak mau pergaulan dunia terbuka lebar, persaingan pasti akan terbuka lebar olehnya itu ke depan pemerintahan Jokowi dengan tagline bagaimana SDM kita unggul supaya Indonesia tetap maju dan tampil beda dipergaulan Internasional.

Lanjut dikatakan, Sebagai Aparatur Sipil Negara, mau tidak mau kita harus adaptif mengikuti perkembangan zaman, mengisi kemerdekaan ini sesuai dengan tugas dan fungsi kita masing-masing.

Selaku ASN yang  berkerja di Kementerian Pertanian tugas tugas Negara yang diemban, tentunya inti utamanya  adalah bagaimana kita bisa berswasembada pangan. 

Alhamdullillah 2 tahun terakhir ini kita sudah bisa swasembada pangan, berdaulat pangan yang artinya kita bisa mengatur pangan kita sendiri tanpa di dikte oleh Negara-negara lain. Inilah yang harus kita tanamkan pada jiwa, pada diri kita masing-masing selaku ASN yang bekerja di Kementerian Pertanian untuk mengisi kemerdekaan ini,kata Abdul Wahid.

Kita dituntut menjadi SDM tangguh, SDM yang memiliki dedikasi yang tinggi. Dedikasi yang tinggi dalam arti kita bisa meningkatkan nilai juang kita, nilai pengabdian kita.  Pengabdian tanpa pamrih adalah termasuk dedikasi yang tinggi, siap mengorbankan waktu dan tenaga demi tugas kebangsaan/tugas Negara. Selain SDM yang tangguh, juga SDM yang berintegritas artinya satu kata dengan perbuatan, jujur, dan yang terakhir adalah inovatif.

Untuk mengikuti perkembangan jaman seperti sekarang ini tentunya SDM yang tangguh harus inovatif sesuai tagline Balitbangtan Science Innovation Network .

Kalo kita melihat secara filofofis  itulah nilai juang Balitbangtan, yakni bagaimana kita bekerja berdasarkan Scinence dan menghasilkan inovasi baru atau mengefisienkan pekerjaan, dan network adalah membuat jaringan.  Kita tidak bisa tertutup dengan kondisi lingkungan kita. Kita harus mempelajari kondisi lingkungan strategis kita dimana kita bekerja.  Kita harus bekerjasama/Timwork dan harus bekerjasama dengan beberapa stake holder yang ada.

Itulah bentuk-bentuk SDM tangguh, mampu bekerjasama, integritas,inovatif,dan berdedikasi.  Berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan jaman,Kementerian Pertanian khususnya Balitbangtan menciptakan inovasi teknologi dalam mengikuti perkembangan jaman, Internet of think, yang harus kita kuasai dalam beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang ada, demikian  kata Abdul Wahid saat memberikan arahan pada peringatan HUT RI ke 74.