Print
Parent Category: Berita
Category: Info Aktual

Selasa (20/8), Sebanyak 59 orang siswa(i) Sekolah Dasar PDAM Makassar didampingi oleh  5 orang guru perwalian sekolah, melakukan kunjungan ke Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Sulesel.

Kunjungan ini oleh sekolah dimaksudkan untuk memberikan motivasi kepada anak didik/siswa (i) untuk memahami makna dari materi pelajaran yang diberikan disekolah.

Oleh BPTP Sulawesi Selatan kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala BPTP yang diwakilkan oleh Kepala Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian(KSPP) Andi Faisal Suddin dan didampingi oleh Kordlak Kepegawaian Andi Akmal Jufri  sekaligus membuka acara.

Selanjutnya Tim KSSP dalam hal ini Penyuluh Repelita Kallo, memberikan pengenalan pengetahuan kepada siswa(i) tentang visi,misi serta tugas dan fungsi dari BPTP Balitbangtan Sulsel .

Usai pengenalan tersebut,siswa(i) diperkenalkan pada pepustakaan Balai,yang dipandu oleh pustakawan Jamaya Halifah dan AnidaHuseng . Pengenalan perpustakaan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan siswa dan siswi tentang tugas dan fungsi perpustakaan Balai, membekali pengetahuan  mereka tentang  segala bentuk informasi yang ada di perpustakaan baik tercetak maupun audiovisual yang dikelola diperpustakaan, yang dimanfaatkan oleh para peneliti danpenyuluh guna menopang tupoksi Balai dan bagi pemustaka lainnya dalam  pemenuhan kebutuhan informasi pertanian.

Dengan memanfaatkan waktu yang ada,usai pengenalan perpustakaan, dilanjutkan dengan pengenalan budidaya tanaman yang kali ini didampingi oleh Peneliti Muslimin dan Suriany beserta penyuluh Rahmatih.

Pengenalan budidaya tanaman di lokasi kebun percontohan yang berada dihalaman BPTP dilakukan  dengan memberikan bimbingan teknis budidaya sayuran yakni , siswa (i) secara langsung melakukan penanaman benih sayuran,menyemai benih sayuran, penanaman dan penyemaian dengan menggunakan media hydropinik  serta pengendalian hama dan penyakit tanaman dengan menggunakan perangkap hama.

Dalam pelaksanaan study banding tersebut, respon yang sangat baik dikatakan oleh  siswa (i) dan para perwakila guru atas segala jasa layanan  yang diberikan oleh Tim KSPP Balitbangtan Sulsel yang di koordinir langsung oleh Penyuluh Farida Arief.

Oleh farida Arif, dikatakan kepada siswa (i) juga perwakila guru, apa yang kami lakukan ini merupakan salah satu bentuk dari layanan teknis Balai  yang kami berikan kepada peserta didik dengan harapan kemanfaatannya dapat menjadikan pengetahuan yang baru dibidang pertanian.

Diakhir kunjungan tersebut, siswa (i)  dan perwakilan guru mengucapkan terima kasih  atas segala jasa bimbingan yang diberikan dalam pencampaian motivasi pembelajaran kepada siswa(i)  SD PDAM Makassar.

Klik disini untuk melihat video amatir kunjungan SD PDAM Makassar