Berbagai aktifitasi kegiatan inovasi teknologi pertanian di tahun 2019 ini, telah dilaksanakan oleh  Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan  Sulsel, salah satu diantaranya adalah melakukan kegiatan diseminasi melalui metode penyuluhan Demonstrasi Farming (Demfarm).

Metode penyuluhan Demfarm yang dilaksanakan oleh Tim (Peneliti dan Penyuluh) BPTP Balitbangtan Sulsel yang bekerjasaman dengan Pemda Kab.Pinrang, melakukan pengenalan VUB padi di lahan Kelompok Tani seluas 5 ha, di Kelurahan Benteng Sawitto, Kecamatan Paleteang, Kabupaten Pinrang.

Pelaksanaan temu lapang, diawali dengan sambutan Kepala BPTP Sulsel yang diwakilkan oleh Peneliti bidang tanam pangan Prof. Dr. Sahardi.

Beliau menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini sebagai wujud dukungan BPTP Balitbangtan memperkuat sektor pertanian dalam pencapaian swasembada pangan berkelanjutan di Sulsel.

Selanjutnya oleh Kepala Dinas Pertanian (Kadisperta) Kab. Pinrang, menyambut baik pelaksanaan kegiatan Demfarm yang dilakukan oleh BPTP Balitbangtan Sulsel yang memperkenalkan beberapa Varietas Unggul Baru (VUB) yang di introduksikan, antara lain Varietas Inpari 33, Inpari 40 dan Inpari 42 yang memiliki produksi relatif tinggi.

Pada Selasa (2/9), di lokasi Demfarm ini, dilakukan panen bersama oleh Kepala BPTP Balitbangtan Sulsel, Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Kab.Pinrang Andi Calo Kerrang, Sekcam Kecamatan  Paleteang Andi Sinapati, Kepala Kelurahan Benteng Sawitto Bapak Opsadib, Koordinator BPP Paleteang ibu Nasriani, Penyuluh Pertanian Lapangan/THL-TBPP, Babinsa, Pengamat hama dan anggota kelompok tani Taro Ada.

Saat panen, produksi hasil yang capai, adalah : Inpari 33 = 8,26 t/ha, Inpari 40 = 9, 6 t/ha dan Inpari 42 = 10, 28 t/ha.

Produksi tersebut secara keseluruhan memberikan hasil yang maksimal karena mendekati potensi produksi pada masing-masing varietas.

Saat kegiatan Temu Lapang berlangsung,  Kadisperta  berharap varietas ini dikembangkan oleh kelompok penangkar melalui kegiatan Mandiri Benih yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian Kab.Pinrang.

Dan diakhir acara, dilakukan diskusi dan umpan balik oleh peserta Temu Lapang yang dipandu  oleh Narasumber Dr. Abdul Syukur Syarif, SP., MP. Beliau adalah peneliti bidang tanaman pangan pada BPTP Balitbangtan Sulsel.