Pada tanggal 11 s.d 12 Februari, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) H. La Nyalla Mattalitti didampingi oleh pimpinan Komite II DPD RI Hasan Basri, dan Senator asal Toraja, Sulawesi Selatan Lily Amelia Salurapa serta Senator Ajbar (Sulawesi Barat) dan Senator Alexander Fransiscus (Bangka Belitung) melaksanakan kunjungan kerja di Provinsi Sulawesi Selatan yaitu di Kabupaten Luwu dan Toraja.

Beberapa isu yang dibahas saat kunjungan kerja tersebut adalah wewenang tugas DPD diantaranya; otonomi daerah, hubungan pusat dan daerah, pembentukan, pemekaran, dan penggabungan daerah, pengelolaan sumberdaya alam dan sumberdaya ekonomi lain.

Turut hadir mendampingi kunjungan kerja DPD RI tersebut kepala BPTP Balitbangtan Sulawesi Selatan Abdul Wahid. Sebagai salah satu unit kerja kementerian pertanian di daerah, BPTP Balitbangtan Sulsel turut serta berkontribusi dibidang sektor pertanian dalam pengelolaan sumberdaya alam serta peningkatan ekonomi masyarakat dimana mayoritas penduduk Sulawesi Selatan berusaha dibidang pertanian.

Dalam kunjungan di Kota Palopo yang diterima oleh Walikota H. Judas Amir, membahas tentang pendidikan, pertanian, destinasi wisata, serta infrastruktur termasuk drainase dan bendungan yang dapat berfungsi sebagai penanggulangan banjir.

Selanjutnya kunjungan di laksanakan di Kabupaten Toraja Utara. Bupati Kalatiku Paembonan menyampaikan bahwa pariwisata merupakan salah satu sumber pemasukan utama yang ditunjang dengan komoditas pertanian unggulan perkebunan.

Kopi merupakan Komoditas ekspor unggulan perkebunan yang membawa nama Toraja mendunia, dan menjadi salah satu sarana promosi daerah bagi para wisatawan yang berkunjung ke Toraja Utara, demikain kata Nicodemus Biringkanae saat kunjungan tersebut berlangsung.