Kabupaten Wajo merupakan salah satu kabupaten sentra produksi padi di Sulawesi Selatan.

Pada periode April sampai dengan September 2020 ini, Kab. Wajo memiliki target tanam 123.778 ha.

Pada luasan tersebut, sampai saat ini realisasinya sudah mencapai 62.755 ha atau 50,70%.

Target ini akan tercapai semua dan bahkan melebihi, demikian penyampaian dan harapan Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Wajo Ir. Muhammad Azhar

Oleh Kadisperta, harapannya tersebut disampaikan pada acara Rapat Percepatan Tanam yang dilaksanakan di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Wajo tanggal 22 Mei 2020.

Dalam situasi pademi Covid, pelaksanaan Rapat tetap dilakukan dengan memenuhi protokol yang ada. Ini dilakukan dalam upaya memenuhi progrm Kerja Kementan dalam pemenuhan kebutuhan pangan di Indonesia, khususnya di Sulawesi Selatan.

Rapat yang dilaksanakan tersebut dihadiri oleh Staf Khusus Mentan Ir. Lutfi Halide, MP, Ir. Firdaus Hasan, Kepala BBP2TP Bogor Ir. Muhammad Taufiq Ratule, MSi, Kepala BPTP Balitbangtan Sulsel Dr. Abdul Wahid, MP, dan Kepala Lolit Tungro Dr. Fauziah, SL,M.Si

Dalam rapat tersebut, staf khusus Mentan menyampaikan upaya percepatan tanam, dapat dilakukan bersinergi dengan para Camat, Kepala Desa/Lurah serta Kepala kepala Dusun agar semua terlibat dalam gerakan percepatan tanam ini.

Selanjutnya Kepala BBP2TP juga menyampaikan arahannya bahwa dalam percepatan tanam sarana pendukungnya harus dilenuhi, antara lain benih, dan pupuk perlu segera disediakan dan dikomfirmasi ke para penyedianya.