FAJARONLINE.CO.ID, PINRANG -- Kementerian Pertanian (Kementan) kembali melakukan Safari Panen Raya Jagung di Sulsel. Kali ini digelar di Kecamatan Suppa, Pinrang, Minggu (11/11/2018).
 
Safari dilaksanakan untuk menyaksikan Panen Jagung di beberapa kabupaten sentra jagung, antara lain di Kabupaten Gowa, Takalar, Bantaeng, Bulukumba, Bone, Jeneponto, Wajo dan Pinrang.
 
Rangkaian safari panen dipimpin Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Prof Dr Andi Muhammad Syakir, selaku Penanggungjawab Program Upaya Khusus UPSUS Padi Jagung dan Kedele (Pajale) Provinsi Sulawesi Selatan, bersama Dinas Pertanian Provinsi dan Kabupaten.
 
Kepala Balitbangtan, Prof Dr Andi Muhammad Syakir mengatakan safari panen ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mendorong percepatan swasembada jagung. Kata dia, Sulsel merupakan salah satu sentra produksi jagung nasional yang panen jagungnya dapat dilaksanakan setiap saat.
 
"Ini yang akan terus didorong terus produktivitasnya. Terutama di sentra-sentra produksi jagung di Sulsel. Sebelumnya safari panen raya sudah dilakukan di Takalar dan Jeneponto. Hari ini, Pinrang dan selanjutnya Wajo," ungkapnya.
 
Syakir menjelaskan, pada 2017 lalu, Sulsel memberikan kontribusi dengan produksi jagung sebesar 2,3 juta ton, dengan luas panen 295.115 ha atau sebesar 7,33 persen dari produksi jagung nasional.
 
"Target produksi jagung Sulsel untuk tahun 2018 ini sebesar 2,6 juta ton. Pasti tercapailah. Di Suppa hari ini, total areal panen mencapai 700 hektare," tandasnya. (fik)
 
Sumber : Fajaronline