Nama : Ir. Nurjanani, M.Si
TTL : Ajubissue, 02 – 02 – 1961
Jabatan : Peneliti Madya
Bidang Keahlian : Hama Penyakit Tanaman (PHT)
Pendidikan : S2, institut Pertanian Bogor, Tahun 2001

Profil

Ir. Nurjanani, M.Si, lahir di Ajubissue Kabupaten Sidrap pada tanggal 2 Februari 1961. Menamatkan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Rappang, Kabupaten Sidrap, kemudian melanjutkan pendidikan S1 di Universitas Hasanuddin pada tahun 1981. Mendapatkan gelar Sarjana Pertanian (Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan) pada tahun 1986 dari Universitas Hasanuddin. Pendidikan S2 di Institut Pertanian Bogor (Program Studi Hama dan Penyakit Tumbuhan, Sub Program Pengendalian Hama Terpadu) dan selesai pada tahun 2001 dengan Gelar Magister Sains.

Selain itu juga mengikuti kursus/ pelatihan jangka pendek di dalam negeri antara lain Pelatihan Metodologi Pembibitan Hortikultura Berumbi pada tahun 1989 di  Segunung-Jawa Barat, Pelatihan Apresiasi PHT sayuran bagi Peneliti dan Penyuluh pada tahun 1995 di Lembang-Jawa Barat, Training of Trainers Tanaman Hias pada tahun 2006 di Balithi Segunung-Jawa Barat, Linkages Visit ACIAR-SADI pada tahun 2008 di Balitkabi Malang.

Yang bersangkutan sekarang ini bertugas sebagai staf peneliti di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Selatan. Jenjang fungsional yang diperoleh sekarang adalah Peneliti Muda dalam bidang hama dan penyakit tumbuhan, khusus komoditas hortikultura.

Selain itu, juga aktif mempublikasikan karya ilmiah dan penelitian baik sebagai penulis utama ataupun co-author yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah dan prosiding. Selain itu,
juga aktif menyampaikan hasil-hasil penelitian dan pelatihan-pelatihan petani, penyuluh lapangan dan pengamat hama dan penyakit tanaman di Sulawesi Selatan.