Tingginya kebutuhan komsumsi akan tepung terigu akhir-akhir ini sangat tinggi, hal ini disebabkan karena semakin meningkatnya selera masyarakat akan penggunaan bahan tepung terigu. Ketergantungan akan tepung terigu mengakibatkan Indonesia melakukan impor.

Usaha untuk mengurangi konsumsi tepung terigu terus digalakkan disamping mencari alternatif pengganti dari bahan baku lain, juga dengan mengusahakan tepung lain sebagai tepung campuran (tepung komposit), yaitu suatu bentuk campuran antara tepung dengan beberapa jenis tepung dari bahan lain.

Kacang kedelai termasuk komoditas tanaman pangan yang memiliki peran strategis dalam ketahanan dan kedaulatan pangan nasional, kecukupan gizi penduduk, dan merupakan bahan baku industri olahan pangan. Kedelai termasuk salah satu jenis kacang-kacangan yang mempunyai nilai gizi cukup tinggi. sumber protein (35-45%), lemak (18-23%), karbohidrat (12-30%), air (7 %), vitamin, mineral dan serat yang paling baik. Bahkan pada varietas unggul kadar proteinnya dapat mencapai 40 – 43%.

pdf lengkapnya klik disini