Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Home |  Berita  | Peta Situs | Statistik Pengunjung Website | English Version      

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Banner
Lima Desa Panen di Kabupaten Wajo
Berita - Info Aktual
Selasa, 23 Januari 2018 15:51

Awal Desember 2017 hingga saat ini Januari 2018i, panen padi dilakukan dibeberapa daerah di Indonesia, seperti Jawa Timur, Kalimantan Barat, Bangka Belitung, Sunatera Barat,  Nusa Tenggara Barat, Gorongtalo, Sulawesi Utara, Sulawsei  Barat, Sulawesi Tenggara , dan Sulawesi Selatan.

Khusus di Sulawesi Selatan, Senin (22/1) dengan semangat kerja, panen padi dilaksanakan di lima desa  di Kabupaten Wajo.

Pelaksanaan Panen di Kab. Wajo diawali  oleh  Kelompok Tani Tammalere Desa Lawesso Kec. Penrang, luas lahan panen 2 ha.  Varietas yang dipanen adalah Varietas Ciherang dengan provitas 5,0 - 6,0 ton/ha dengan harga gabah Rp 5300/kg GKP.

Selanjutnya panen dilakukan oleh Kelompok Tani Topasolong Desa Leweng Kec.Takkalalla di lahan  seluas  17 ha.  Varietas padi yang  panen   adalah Ciherang, Luas panen 17 ha, Provitas : 4,5 - 5,5 ton/ha, Harga gabah 5.300/kg GKP.

Selain ke dua desa tersebut di atas masih di Kab. Wajo, pelaksanaan panen juga dilakukan  dilahan seluas  22 ha yang bertempat di Desa Pattangga Kec.Bola. Pada lahan ini varietas yang dipanen adalah Situbagendit, denqan provitas 5,0 - 6,0 t/ha. Di kecamatan ini harga GKP Rp 5200/kg.

Oleh Kelompok Tani  Semangat yang bertempat di Desa Sinpellu Kec.Pitumpanua dihari yang sama juga melakukan  panen di lahan seluas 2 ha.  Adapun Varietas yang dipanen adalah Ciherang dengan Provitas  4,0 - 5,5 t/ha. Di Kecamatan ini  harga gabah mencapai Rp 5.500/kg GKP.

Dan masih di hari yang sama di Kab. Wajo,  panen dilakukan oleh  Kelompok Tani Sang Hyang Seri di  Desa Mamminasae Kec. Gilireng, luas lahan panen 10 ha dan varietas yang dipanen adalah Cigelius dan Mekongga.

Akrifitas panen  bersama yang dilakukan di lima desa tersebut  menggunakan alsintan Combine Harvester.

Kegiatan  panen bersama dihadiri oleh   TNI, Peyuluh, Kelompok Tani  dan Pengamat Organisme Penggangguu Tanaman (POPT).

Selanjutnya, beberapa kabupaten lain di Sulawesi Selatan  yang memasuki masa panen padi berikutnya  adalah  Kab.Bone, Soppeng, Bulukumba, dan Toraja.

(JH)


Terakhir Diperbaharui pada Selasa, 23 Januari 2018 16:10
 

Joomla Templates by JoomlaVision.com