Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Home |  Berita  | Peta Situs | Statistik Pengunjung Website | English Version      

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Program Utama


Image

Penelitian dan Pengkajian

BPTP Sulawesi Selatan diharapkan dapat berperan sebagai jembatan teknologi yang dihasilkan oleh Balai Penelitian Komoditas untuk direkayasa sesuai kondisi setempat.  Selain itu, dalam posisinya sebagai unit kerja Badan Litbang Pertanian yang berkedudukan di propinsi, BPTP Sulawesi Selatan akan dikembangkan menjadi salah satu pusat sumber data dan informasi pertanian yang berkaitan dengan sumberdaya alam, sumberdaya manusia, keadaan agroekologi dan agroekonomi daerah, serta sumberdaya IPTEK.  Dengan demikian BPTP Sulawesi Selatan berperan penting untuk memberikan masukan kepada pemerintah daerah sebagai bahan perencanaan dan pengelolaan pembangunan pertanian regional.

Gambar

Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL)

Ketersediaan pangan dalam jumlah yang cukup sepanjang waktu merupakan keniscayaan yang tidak terbantahkan. Hal ini menjadi prioritas pembangunan pertanian nasional dari waktu ke waktu. Ke depan, setiap rumah tangga diharapkan mengoptimalisasi sumberdaya yang dimiliki, termasuk pekarangan, dalam menyediakan pangan bagi keluarga.


Image

Kerjasama

BPTP Sulawesi Selatan menyelenggarakan tugas tambahan, antara lain penyelenggaraan penelitian/pengkajian kerjasama luar negeri (IRRI,ACIAR) kerjasama dalam negeri (Swasta), termasuk penelitian/pengkajian yang harus dilakukan bersama dengan Balai Penelitian Komoditas dan sebagai Pusat Penelitian dan sebagai Unit Pembatu Pengguna Anggaran/Barang-Wilayah (APPA/B-W) yang merupakan organisasi non structural yang bertugas melaksanakan kegiatan penggabungan laporan keuangan dari seluruh satker (144 satker)

FEATI/P3TIP

Program Pemberdayaan Petani melalui Teknologi dan Informasi Pertanian (P3TIP) atau Farmer Empowerment Through Agricultural Technology and Information (FEATI) bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, pendapatan dan kesejahteraan petani melalui pemberdayaan keluarga petani dan organisasi petani dalam mengakses informasi, teknologi, modal dan sarana produksi untuk mengembangkan usaha agribisnis dan mengembangkan kemitraan dengan sektor swasta. Program ini melakukan penguatan seluruh instrumen yang terlibat dalam pembangunan pertanian, yakni penyuluh, peneliti, dan petani.

Image

Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP )

Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) merupakan program Kementerian Pertanian bagi petani di perdesaan dalam rangka meningkatkan kualitas hidup, kemandirian, dan kesejahteraan. PUAP telah dilaksanakan mulai 2008 di bawah koordinasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM-M) dan berada dalam kelompok pemberdayaan masyarakat. Bentuk kegiatan PUAP adalah fasilitasi bantuan modal usaha agribisnis untuk petani baik petani pemilik, petani penggarap, buruh tani maupun rumah tangga tani yang dikoordinasikan/disalurkan melalui Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan)

Terakhir Diperbaharui pada Senin, 21 April 2014 07:33
 

Joomla Templates by JoomlaVision.com