Laboratorium BPTP Sulawesi Selatan merupakan pelaksana teknis dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian  Sulawesi Selatan.  Tugas utama Laboratorium ini adalah melayani permintaan analisis bahan uji dari para peneliti, perguruan tinggi, instansi pemerintah, perusahaan swasta maupun mahasiswa secara perorangan.

Sebagai jasa pelayanan pengujian tanah dan pupuk, Selasa (23/06/15) laboratorium Tanah Maros menerima beberapa sampel pengujian  tanah dan pupuk  padat dan cair dari perguruan tinggi (Universitas Hasanuddin), instansi pemerintah (Balitsereal), SDM Batangkaluku, swasta (PT. Seise Fektri), dan beberapa konsumen lainnya yang diterima oleh Manajer teknis Laboratorium  Muhammad Asri, S,Si, M.Si.

Dalam pelayanan pengujian tanah dan pupuk, meneger teknis laboratorium mengatakan bahwa  sebagai jasa pelayanan laboratorium berusaha memberikan pelayanan yang terbaik untuk konsumen sesuai dengan aturan yang berlaku.

Selanjutnya beliau juga mengatakan bahwa dalam mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan dan hasil analisis yang diperoleh, laboratorium aktif mengikuti kegiatan uji banding yang dikorrdinir oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumer Daya Lahan dan megikuti uji profisiensi yang dikordinir oleh Komite Akreditasi Nasonal (KAN).  Kemampuan teknis personal laboratorium telah memiliki sertifikat dibidang Kompetensi Manajemen Sistem Mutu, Audit Internal, Kalibrasi Internal dan Validasi Metoda.