Kepala Badan Litbang Pertanian DR. MUH. SYAKIR, MS melakukan kunjungan perdananya ke BPTP setelah di lantik beberapa waktu lalu. Kunjungan ke BPTP Sulawesi Selatan dilaksanakan tgl 23 Juni 2015 dan melaksanakan tatap muka dan memberi arahan kepada para LO, yang ada di BPTP, Balitsereal Maros, STTP Gowa dan Balai Besar Diklat Pertanian Batangkaluku serta seluruh Staf BPTP Sulawesi Selatan, yang dirangkaikan dengan acara buka puasa bersama.

Kepala Badan mengharapkan kepada para LO agar mengambil peran secara aktif dalam keberhasilan UPSUS Padi, Kedelai dan Jagung di Sulawesi Selatan. Para LO agar secara aktif berkoordinasi di masing-masing kabupaten terutama dengan KCD, Kepala Dinas dan BPS. LO juga diharapkan menggerakkan pada mahasiswa yang telah di tempatkan di masing-masing Kabupaten lokasi UPSUS terutama untuk pendataan. Beliau juga mengharapkan agar mempercepat serapan anggaran APBN, dan diharapkan pada bulan Juli dapat mencapai 65%.

Saat ini secara nasional Kementerian Pertanian menduduki urutan ke 12 dalam hal serapan anggaran. Karena itu kegiatan pengadaan barang dan jasa agar di percepat realisasinya.

Mengenai visi Badan Litbang Pertanian ke depan, Ka Badan mengharapkan agar Badan Litbangtan ke depan perlu melakukan lompatan dalam menghasilkan teknologi dan lompatan dalam membumikan teknologi. Teknologi yang telah ada dapat dijadikan star awal untuk pengembangan dalam rangka lompatan inovasi tekologi.

Kepala Badan mengharapkan BPTP Sulawesi Selatan menjadi cermin BPTP di Indonesia Bagian Timur. Karena itu perlu menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, utamanya Perguruan Tinggi dan Swasta.