Kamis (20/6), BPTP Balitbangtan Sulsel melakukan Sosialisasi Kawasan Pertanian Sejahtera (SAPIRA) di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar.

Sosialisasi yang dilakukan ini merupakan langkah yang dilakukan BPTP Balitbangtan Sulsel dalam mendukung keberhasilan program Kerja Kementerian Pertanian.

Pelaksanaan Sosialisasi ini bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Takalar/Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Polongbangkeng Utara, yang dihadiri oleh Kepala BPTP Sulawesi Selatan Abdul Wahid sekaligus selaku Penanggung Jawab kegiatan SAPIRA beserta Tim, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Takalar (diwakili oleh Sekdis Pertanian), Kelompok Tani, Penyuluh Pertanian, dan stake holder lainnya.

Rangkaian Pelaksanaan Sosialisasi kegiatan SAPIRA Padi diawali dengan sambutan dan pembukaan oleh Kadisperta Kab. Takalar yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Takalar H. Ikbal.

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Kabupaten Takalar merupakan penyangga kota Makassar untuk sektor pertanian dan sangat cocok menjadi pemasok kebutuhan produk pertanian seperti beras, jagung, kacang-kacangan dan sayur-sayuran.

Potensi sumberdaya alam Kab. Takalar memiliki lahan pertanian sawah + 16.000 ha yang bisa ditanami 2 kali padi 1 kali jagung yang bisa menghasilkan beras untuk memasok kebutuhan kota Makassar dan sekitarnya.

Kadisperta Takalar juga mengatakan, berterima kasih kepada BPTP Balitbangtan Sulsel  atas ditempatkannya kegiatan pendampingan SAPIRA di Kabupaten Takalar. Semoga terjalin terus sinergi program-program pembangunan pertanian antara Kementerian Pertanian dalam hal ini BPTP  Balitbangtan Sulsel dengan Pemda Kab.Takalar atau Dinas Pertanian Kab. Takalar.

Apa yang diharapkan oleh Kadisperta merupakan hal yang sama yang diinginkan oleh Ka. BPTP Baliibngtan Sulsel dalam pelaksanaan dukungan target program kerja Kementerian  Pertanian.

Hal tersebut disampaikan oleh Ka BPTP Sul sel bahwa sinergi program litbang Pertanian mendukung capaian sasaran kegiatan strategis kementan Tahun 2019, terdiri dari beberapa kegiatan antara lain : Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA), Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (SERASI), Petani Milenial Berorientasi Ekspor, Obor Pangan Lestari (OPAL), Kawasan Pertanian Sejahtera (SAPIRA).

Kegiatan SAPIRA yang merupakan salah satu kegiatan strategi Kementerian Pertanian yang di tempatkan di Kabupaten Takalar yang berbasis padi.

Harapan yang diinginkan melalui kegiatan SAPIRA ini bisa mengantarkan petani dan masyarakat Takalar menuju peningkatan pendapatan dan kesejahteraan, karena kegiatan pendampingan SAPIRA ini dilakukan mulai dari hulu sampai hilir sehingga petani dan kelompok tani bisa merencanakan usahataninya mulai dari tingkat on farm sampai pada off farm.

Bukan hanya sampai disitu, tetapi bagaimana petani dan kelompok bisa menjadi kelompok usahatani yang mandiri berpikir bisnis, bukan hanya berpikir masa sekarang tetapi bagaimana petani dan kelompoknya bisa memperbaiki manajemen usahataninya, memikirkan, merencanakan sampai kedepan bagaimana pengembangan Pertanian padi dengan memperbaiki kualitas produksi padi dan beras dengan teknologi yang ada sehingga bisa mendapatkan nilai tambah yang optimal, kata Abdul Wahid.

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi yang mendukung program kerja SAPIRA .

Materi tersebut disampaikan langsung oleh Ka.BPTP dengan judul Kawasan Pertanian Sejahtera Komoditas Padi dengan pokok-pokok materi : Konsep SAPIRA, Tujuan SAPIRA, Keluaran dan manfaat SAPIRA, Strategi dan Pendekatan SAPIRA, Proses Bisnis dalam SAPIRA, dan Indikator Keberhasilan SAPIRA.

Kemudian dilanjutkan dengan materi Penguatan Kelembagaan Kelompok Tani disampaikan oleh Dr. Ir. Muslimin, MP (Peneliti bidang Sosek BPTP Sulsel), dengan pokok-pokok materi : Manajemen Kelompok Tani, Pengembangan Kelembagaan Petani dalam Sistem Agribisnis Petani serta Penumbuhan dan Pengembangan Korporasi Petani.

Demikian pelaksanaan Sosialisasi kegiatan SAPIRA Komoditas Padi di Kab. Takalar Sulawesi Selatan tahun 2019 yang ditutup bersama Ka. BPTP Balitbangtan Sulsel dan Kadisperta. Kab. Takalar.