Selasa, 15 Oktober 2019, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Selatan menyelengarakan Bimbingan Teknis Inovasi teknologi Budidaya Cabai dan Bawang Merah .

Bimbingan Teknis (Bimtek)yang dilaksanakan di Aula BPTP Balitbangtan Sulsel, dihadiri oleh peserta Gerakan Pemuda Tani (GEMPITA) dari Korwil Sulawesi Selatan dan Kelompok Tani dari 15 Kabupaten Sentra Hortikultura di Sulawesi Selatan, Peneliti dan Penyuluh lingkup BPTP Balitbangtan Sulsel.

Pelaksanaan Bimtek tersebut diawali dengan laporan Ketua Panitia pelaksana Sri Sasmita Dahlan SP., M.Si., kemudian dilanjutkan dengan sambutan Presiden GEMPITA Muhammad Riyadh.

Dalam sambutanya Muhammad Riyadh mengatakan bahwa spirit dari terbentuknya GEMPITA adalah visi dalam melihat peluang banyaknya hasil riset yang dihasilkan Kementerian Pertanian melalui Badan Penelitan dan Pengembangan Pertanian.

Namun belum semua bisa tersampaikan dan diadopsi masyarakat, padahal hasil riset tersebut merupakan modal besar dalam meningkatkan produktivitas yang bermuara pada kesejahteraan petani, kata Muhammad Riyadh.

Oleh karena itu dibentuk sebuah wadah GEMPITA yang beranggotakan anak-anak muda yang diharapakan bersama dengan unit-unit Kerja Kementerian Pertanian, seperti BPTP yang turut serta menjembatani pemanfaatan dan adopsi teknologi yang dihasilkan Kementerian Pertanian dalam berusahatani hingga ke tingkat petani.

Senada dengan Presiden GEMPITA, Kepala BPTP Balitbangtan Sulawesi Selatan yang diwakilkan oleh Peneliti Bidang Hortikultura Ir. Muh. Asaad, M.Sc dan Ir. Ruchjaniningsih, M.P menyatakan, bahwa tupoksi BPTP adalah melaksanakan pengkajian, perakitan teknologi, dan pengembangan serta diseminasi pertanian tepat guna spesifik lokasi.
Salah satu komponen diseminasi yang dapat mentrasfer inovasi teknologi pertanian ke petani adalah melaksanakan bimbingan teknis, guna hilirisasi teknologi pertanian sehingga teknologi bisa dimanfaatkan secara luas.

Usai sambutan Presiden GEMPITA dan Kepala BPTPSulsel, aktiftas pelaksanaan Bimtek kemudian dilanjutkan dengan pemaparan beberapa materi ,antara lain ; Kelembagaan Kelompok Usaha Bersama, oleh Muhammad Riyadh, Budidaya Cabai oleh Ir. Ruchjanininingsih M.Si, (BPTP Balitbangtan Sulsel) dan Teknologi Budidaya Bawang Merah oleh Ir. Nurjanani , M.Si (BPTP Balitbangtan Sulsel).