Kepala BPTP Balitbangtan Sulawei Selatan Abdul Wahid bersama Bupati Wajo Amran Mahmud, Dandim 1406 Wajo, dan beberapa pejabat daerah setempat, menghadiri Temu Lapang dan melakukan Panen Raya Kedelai bersama di Kel Tancung, Kec Tana Sitolo, Kab.Wajo,pada tanggal 16 Oktober 2019.

Lokasi Temu Lapang dan Panen tersebut, merupakan areal kegiatan Pendampingan Unit Pengelolaan Benih Sumber (UPBS) Kedelai yang dilakukan oleh BPTP Balitbangtan Sulsel bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kab. Wajo, dalam rangka pengelolaan benih sumber kedelai yang nantinya untuk pembinaan kepada penangkar benih dan diprioritaskan dalam memenuhi kebutuhan benih yang bersertifikat.

Pelaksanaan Temu Lapang dan Panen bersama ini mendapat apresiasi yang baik oleh Bupati Wajo. Beliau mengatakan bahwa Kec Tana Sitolo khususnya Kel. Tancung sangat potensial untuk pengembangan komoditi tanaman pangan khususnya kedelai, jagung, dan kacang hijau serta komoditi hortikultura (cabe).

Untuk itu selaku pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan pendampingan yang telah dilakukan oleh BPTP Balitbangtan Sulsel khususnya produksi benih kedelai dan diharapkan Kab Wajo dapat memiliki branding sendiri khususnya benih kedelai dan produk pertanian lainnya.

Video lahan UPBS Kedelai Kel. Tancung Kec. Tanasitolo Kab. Wajo