BPTP Balitbangtan Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kab.Wajo, melaksanakan Temu Teknis Peningkatan Kapasitas Penyuluh dan Petani Milenial melaui Diseminasi Inovasi Teknologi Budidaya Padi, Jagung dan Kedelai (PAJALE), di Kawasan Pertanian Terpadu, Kelurahan Uraiyang, Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo.

Temu Teknis dilakasanakan tanggal 16 Oktober 2019, dihadiri Bupati Wajo Amran Mahmud, Kepala BPTP Sulsel, Kadis Pertanian Kab. Wajo, Dandim 1406 Wajo, Kapolsek Majauleng, Camat Majauleng, dan 150 orang peserta, yang terdiri dari 80 orang petani milenial dan 70 orang Penyuluh Pertanian Lapangan, dan Kelompok Tani/Kontak Tani.

Dalam pelaksanaan acara tersebut tersebut, Kepala BPTP Balitbangtan Sulsel Abdul Wahid menyampaikan bahwa tupoksi BPTP adalah melakukan Penelitian dan Pengkajian Spesifik Lokasi dan Diseminasi Inovasi Teknologi Pertanian.

Olehnya itu melalui TemuTeknis ini, BPTP Balitbangtan mendiseminasikan inovasi teknologi pertanian guna mempercepat hilirisasi inovasi teknologi pertanian agar Penyuluh Pertanian dan Petani Milenial dapat menyerap informasi guna meningkatkan kapasitasnya sebagai penentu kemajuan pertanian di masa depan.

Saat berlangsungnya kegiatan TemuTeknis tersebut , respon positif juga dikatakan oleh Bupati Wajo Amran Mahmud.

Beliau menyampaikan bahwa sawah yang ada di Kab. Wajo seluas kurang lebih 100.000 hektar, 30% diantaranya merupakan irigasi teknis.

Selaku Pemerintah Daerah, Amran Mahmud berkeinginan akan memaksimalkan potensi ini hingga lima tahun ke depan agar produksi pangan di Kab.Wajo meningkat dua kali lipat.

Untuk mencapai hal tersebut, Amran Mahmud sangat berharap dukungan BPTP Balitbangtan Sulawesi Selatan selaku lembaga penyedia inovasi teknologi untuk turut membantu mensukseskan program Pemerintah Kabupaten Wajo dibidang pertanian.

Selanjutnya, guna meningkatkan kapasitas penyuluh dan petani milenial sebagai penentu kemajuan pertanian di masa depan, beberapa materi disampaikan oleh beberapa narasumber dalam mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut.

Beberapa materi tersebut, yaitu : Budidaya Kedelai Dengan Sistim Tumpang Sisip/Relay Croping oleh Ir. Suhartini, M.Si (Dirjen Tanaman Pangan Kementan), Peran Inovasi Teknologi Dalam Peningkatan Produktivitas Tanaman Pangan oleh Prof. Dr. Ir. Yunus Musa, M.Sc (Universitas Hasanuddin), Teknologi Budidaya Padi oleh Dr. Abdul Syukur Syarif, MP (BPTP Balitbangtan Sulsel), Agribisnis Jagung oleh Dr.Ir. Muslimin,MP (BPTP Balitbangtan Sulsel), serta Teknologi Budidaya Kedelai Berbasis Pertanian Modern oleh Dr. Ir. Abdul Fattah, MP (BPTP Balitbangtan Sulsel)