Kamis, 24 Oktober 2019, Tim Peneliti Bidang Pasca Panen BPTP Balitbngtan Sulsel mengadakan kegiatan “Sosialisasi Teknologi Pengolahan Jagung”, di Kelompok Wanita Tani (KWT) Minasa Baji Kec. Polongbangkeng Selatan, Kabupaten Takalar.

Sosialisasi Teknologi Pengolahan Jagung dengan pengenalan pembuatan tepung, mie dan roti berbahan dasar jagung dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada KWT Minasa Baji dalam mengolah kebutuhan pangan berbahan dasar jagung.

Dalam pelaksanaan sosialisasi tersebut, Tim pasca panen yang terdiri dari Riswita Syamsuri,S.TP, M.Si, Ir. Suriany, Wardah Halil, S,TP. M.Sc, Rahmatiah, S.ST, Ekawaty Basri, S.TP, dan Rifah Hestyani Arum S.TP, M.Si, mendemonstrasikan proses pembuatan tepung jagung yang diawali dengan proses pencucian biji jagung, perendaman dalam ragi tape, pencucian, pengeringan dan proses olah menjadi tepung.

Oleh Tim Pascapanen tersebut , dikatakan bahwa Teknologi proses melalui perendaman ragi merupakan perlakuan terbaik yang diperoleh dari implementasi teknologi di tingkat laboratorium.

Mengikuti proses teknis pengolahan aneka pangan berbahan jagung tersebut, peserta sosialisasi sangat antusias mencermati seluruh tahapan kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim Pasca Panen BPTP Sulawesi Selatan.

Beberapa peserta tertarik dan memiliki keinginan untuk mengembangkan tepung jagung sebagai bahan baku aneka produk pangan.

Diakhir pelaksanaan kegiatan tersebut, Tim Pasca Panen BPTP Balitbangtan Sulsel, berharap dengan adanya sosilisasi ini, menjadi awal dari pengembangan tepung jagung di kalangan KWT Minasa Baji dan masyarakat lainnya di Kabupaten Takalar.