Pemerintah Kabupaten Barru melakukan pengembangan tanaman bawang merah.  Kegiatan penanaman Bawang Merah dilaksanakan pada hari Selasa 9 Juni 2020 di Kelompok Pemuda Tani Saromase  di Dusun Pallae Desa Lampoko Kecamatan Balusu.  Varietas yang ditanam yaitu varietas Pertiwi dan Brebes. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BPTP Balitbangtan Sulawesi Selatan Dr. Ir. Abdul Wahid, MP, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Pekebunan Propinsi Sulawesi Selatan Dr.Ir. Andi Ardin Tjajo, MP, Bupati Barru Ir. Suardi Saleh, M.Si, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barru Ir. Ahmad, MM., Ketua DPRD Barru Lukman T,  serta sejumlah pejabat lainnya.

Acara diawali  laporan Kepala Dinas Pertanian Barru Ir. Ahmad, MM dan dilanjutkan sambutan  Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Propinsi Sulawesi Selatan Bapak Dr. Ir. Andi Ardin Tjajo, MP dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Barru dan petani yang begitu antusias untuk melakukan pengembangan Hortikultura khususnya tanaman bawang merah sehingga Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi  Sul-Sel mengalokasikan 25 hektar bibit bawang merah.

Selanjutnya Sambutan oleh Bupati Barru Bapak Ir. Suardi Saleh, M.Si dalam sambutanya menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Selatan dan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Propinsi  Sul-Sel   yang telah hadir untuk memberikan dukungan dan motivasi kepada Kelompok tani. Beliau juga mengharapkan kepada petani   agar  tetap beraktifitas dilapangan serta mengikuti  standar protokol  kesehatan pencegahan Covid-19 dan  fokus pada komoditi yang diusahakan sehingga hasil panen nantinya bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Bupati  mengapresiasi kepala Dinas Kabupaten Barru, PPK dan Penyuluh  yang terus berupaya melakukan pembinaan dan pengawalan kepada petani untuk mengembangkan tanaman bawang merah.