Selasa, 16 Juni BPTP Balitbangtan Sulsel laksanakan Monitoring dan evaluasi kegiatan UPBS Kedelai.

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) yang dilakukan ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan pelaksanaan kegiatan Unit Perbanyakan Benih Sumber (UPBS) Kedelai yang dilakukan oleh Balai, yang dilaksanakan pada kelompok tani penangkar binaan BPTP Balitbangtan Sulsel di dua Kabupaten yaitu Maros dan Pangkep.

Di Kabupaten Maros dilaksanakan di Desa Toddolimae Kec. Tompobulu Kab. Maros pada Kelompok Tani. Parang Lambere seluas 4 Ha menggunakan Varietas Detap 1,

Saat Tim BPTP Balitbangtan Sulsel melakukan monev, umur tanaman 45 hst dengan kondisi pertumbuhan tanaman optimal.

Sementara di Kabupaten Pangkep dilaksanakan di Desa Mangilu Kec. Bungoro pada Kelompok Tani Borong Tala 1, dengan luas pertanam 10 Ha, umur tanaman 36 hst menggunakan verietas Detap 1.

Di hari yang sama khususnya di Kab. Maros juga dilaksanakan monev kegiatan Perbanyakan benih Biosoy seluas 4 Ha. Pada kegiatan ini dilaksanakan penanaman kedelai kelas BS varietas Biosoy 1 dan Biosoy 2 yang merupakan VUB kedelai Balitbangtan yang berbiji besar dengan potensi hasil tinggi mencapai 3,55 t/ha.

Adapun output kegiatan ini yaitu benih kedelai Biosoy kelas FS sebanyak 2 ton. Umur tanaman saat monev yaitu 45 hst dengan pertumbuhan tanaman optimal.

Selanjutnya benih kedelai Biosoy kelas FS yang dihasilkan di Kab. Maros diharapkan dapat dikembangkan lebih luas lagi oleh penangkar dan petani di Sulawesi Selatan.