BPTP Balitbangtan Sulawesi selatan, Tanggal 30 Juli 2021 melaksanakan Temu Lapang kegiatan Gelar Inovasi Teknologi padi sawah di Desa Tellumpanua Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru.

Temu Lapang ini menjadi bagian yang strategis dari rangkaian proses diseminasi dengan tujuan untuk menyaksikan dan membahas di lapangan keunggulan suatu inovasi hasil pengkajian, serta kemungkinan penerapan selanjutnya.

Temu lapang, dihadiri oleh kepala BPTP Balitbangtan Sulsel, Abdul Wahid, Pemerintah Daerah dalam hal ini Kepala Dinas Pertanian Kab.Barru Ir. Ahmad, MM, BPS Kab.Barru, Perangkat Desa, Babinkamtibmas, Penyuluh Lapangan, Petani dan pihak-pihak terkait lainnya.

Saat menghadiri acara tersebut, Kepala BPTP Sulsel menyampaikan beberapa hal teknis terkait dengan varietas yang diintroduksikan di lahan petani.

lanjut, Abdul Wahid menyampaikan, display varietas pada kegiatan DemArea ini dimaksudkan untuk menunjukan keunggulan dari masing-masing varietas sesuai agroekosistem setempat agar petani dapat memilih sesuai keinginannya.

Selanjutnya, Kepala Dinas Pertanian Kab.Barru, Ahmad, menghimbau para petani dan penyuluh harus belajar dari proses diseminasi ini (Learning of proces).

Inovasi ini harus dipelajari dan disebarluaskan jika kita ingin memajukan pertanian. Kabupaten Barru memiliki potensi pertanian yang luar biasa namun perlu dukungan dari kita semua sebagai insan pertanian, ungkap Ahmad.

Selanjutnya, sesi terakhir dari acara Temu Lapang ini adalah pelaksanaan panen dan pengambilan ubinan di tiga titik yang dilakukan oleh BPS dan BPTP Sul-Sel.

Dari hasil ubinan varietas Inpari 48 diperoleh hasil 8.1 ton/Ha. Hasil yang cukup memuaskan.