Tepatnya hari Selasa 7 September 2021, BPTP Balitbangtan Sulawesi Selatan menggelar acara temu lapang di lokasi kegiatan Pengembangan Benih Sumber Padi hasil inovasi Balitbangtan di Desa Awo, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone dalam rangka berdiskusi dengan para petani, peneliti, penyuluh dan stakeholder lain sekaligus melakukan panen raya di lokasi perbenihan Padi.

Kegiatan Temu Lapang ini diawali dengan pengambilan ubinan oleh staf BPS untuk mengetahui produktivitas Padi, kemudian dilanjutkan dengan acara panen bersama.

Hadir dalam acara temu lapang ini adalah Kepala BPTP Sul-Sel Dr. Ir. Abdul Wahid, MP, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kab. Bone Ir. Sunardi Nurdin, M. Si, Kepala BPS Kab. Bone, Kepala Kecamatan Cina, Kepala Desa Awo, Babinsa dan beberapa peneliti dan Penyuluh.

Mengawali sambutannya Dr. Abdul Wahid selaku kepala BPTP Balitbangtan SulSel mengucapkan banyak Terima kasih kepada pemerintah sempat dan pihak yang terkait dalam mendukung pelaksanaan kegiatan ini.

Lanjut Dr. Abdul Wahid menjelaskan bahwa tujuan dr kegiatan perbenihan Padi ini adalah mendiseminasi inovasi teknologi Balitbangtan dalam mendukung peningkatan produktivitas Padi. "Kita akan melihat nanti hasil ubinan yang akan dibacakan oleh kepala BPS kab. Bone, apa ada perbedaan produktivitas dibandingkan yang selama ini dilakukan oleh petani" Kata Dr. Abdul Wahid.

Selanjutnya Ir. Sunardi Nurdin dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan perbenihan Balitbangtan ini. "Saya sangat bangga melihat hamparan sawah yang menguning di lokasi perbenihan di Desa Awo ini yang merupakan program Balitbangtan" Ucap Sunardi Nurdin.

Kesempatan berikutnya kepala BPS Ir. Yunus Kabupaten Bone menyampaikan hasil ubinan yaitu 8,92 atau sekitar rata-rata 9 ton perhektar. Usai menyampaikan hasil ubinan, langsung membenarkan apa yang disampaikan Kadis pertanian Bone tentang apresiasinya terkait dg kegiatan perbenihan ini. "Saya kira hasil yang dicapai dari kegiatan perbenihan ini cukup menggembirakan yakni 9 ton per hektar. Produktivitas ini melampaui hasil panen rata-rata di khususnya di kabupaten Bone dengan rata-rata produktivitas sekitar 4 - 5 ton per hektar" Imbuh Ir. Yunus.

Mengakhiri acara temu lapang ini, para petani dan penyuluh diberi kesempatan untuk berdiskusi terkait dengan permasalahan-permasalahan khususnya budidaya padi.