BPTP Balitbangtan Sulawesi Selatan bersama Pengurus Komda Kabupaten Maros secara virtual mengikuti acara Pengukuhan Pengurus Komisariat Daerah (Komda) Jaringan Petani Nasional (JPN), sebagai rangkaian peringatan HUT ke-47 Badan Litbang Pertanian melalui melalui platform LUMBUNG-IN Kementerian Pertanian.

JPN merupakan petani milenial yang berusia dibawah 40 tahun, yang punya akselerasi cukup tinggi untuk menghubungkan informasi teknologi pertanian dan informasi-informasi lainnya yang dianggap penting dan dibutuhkan oleh petani di seluruh indonesia.

Kementerian pertanian telah membentuk 48 Komda di seluruh indonesia dan pada Kamis, 9 September 2021 dikukuhkan 64 Komda sehingga seluruhnya berjumlah 112 Komda di seluruh indonesia. Ke depan target Kementerian Pertanian akan membentuk 500 Komda yg tersebar di seluruh Indonesia.

Acara Pengukuhan Komda Jaringan Pertanian Nasional dibuka oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sekaligus selaku Ketua Dewan Pembina/Dewan Pengurus JPN.

Saat membuka acara, Mentan menyampaikan bahwa JPN merupakan Jaringan Pertani Nasional yang mengkoorporasi petani, mengkoordinasi program Kementerian Pertanian, bahkan menjadi komunikator- komunikator terbaik yang dapat mengantar kepentingan rakyat khususnya kepentingan petani, dan mampu menjabarkan konsepsi pertanian yang dibangun secara Nasional, Regional maupun Lokal.

Lanjut, Mentan mengharapkan JPN mampu bekerja secara efektif membantu pemerintah dalam menemukan arah dan tujuan serta target-target Nasional di bidang pertanian.

Diakhir sambutannya, Mentan berpesan kepada seluruh Komda di Indonesia agar JPN harus memposisikan dirinya sebagai sebuah fungsi yang dapat membuat pertanian naik kelas. JPN harus mampu mengkomunikasikan, mengkoneksikan, mentransformasikan informasi-informasi pertanian dengan memaksimalkan penggunaan gadget.