Tim PKK Desa Tellumpanuae memberdayakan Wanita taninya dalam mengelola potensi desa melalui Pelatihan Pengolahan Cabai.

Pelatihan ini dimediasi oleh Kepala Desa Tellumpanuae, Dahniar, SE, yang dilaksanakan di Kantor Desa Tellumpanuae, Kec. Mallawa Kab. Maros (15 September 2021).

Pemberdayaan Masyarakat tani yang dilakukan ini merupakan salah satu Program Desa dalam rangka pemberdayaan masyarakat di era Pandemi, khususnya Wanita Tani dalam memanfaatakan potensi yang ada di daerah

Pada pelatihan ini, mengawali sambutannya, Kades Dahniar mengatakan sangat mengapresiasi pelatihan pengolahan cabai ini, mengingat salah satu potensi Desa Tellumpanuae adalah cabai.

Namun, cabai merupakan salah satu tanaman yang mudah rusak jika tidak tertangani dengan baik, dan saat ini harga jual cabai sangat rendah, sehingga sangat dibutuhkan teknologi untuk memperpanjang masa simpan cabai dan bertambah nilai ekonominya, ungkap Dahniar.

Olehnya itu, guna memenuhi kebutuhan pengetahuan dan ketrerampilan wanita tani dalam memanfaatkan potensi Desa, Kades Dahniar menghadirkan Narasumber Bidang Pasca Panen dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Selatan

Dua narasumber hadir dengan matari yang sampaikan, Pengolahan Cabai oleh Ir.Suriany (Peneliti) dan Proses Pengemasan Cabai oleh Warda Halil, SP, M.Sc (Penyuluh)

Dari Pelatihan ini diharapkan wanita tani dapat mengolah dan mengemas cabai dengan baik, dan berlanjut ke pengurusan Produksj Industri Rumah Tangga (PIRT) untuk memasarkan hasil produk dari olahan cabai.