Print
Parent Category: Berita
Category: Info Aktual

 

Rabu (29/09/2021). Kementerian pertanian menggelar acara panen raya jagung nusantara di seluruh wilayah Indonesia.

Panen raya yang dilaksanakan secara virtual ini merupakan rangkaian peringatan hari Tani Nasional, di tahun 2021.
 
Di Sulawesi Selatan, Kab. Barru dan Kab.Jeneponto merupakan dua Kabupaten yang ikut melaksanakan acara Panen Raya Jagung, secara virtual.
 
Di Kab. Barru, panen raya ini di laksanakan di lokasi Kelompok Tani Mamminasae, Desa Anabanua, Kecamatan Barru, yang dipandu langsung oleh Kadis Pertanian Kab. Barru, Ir. Ahmad, M. Si.
 
Dalam testimoninya Ir. Ahmad menjelaskan bahwa Produktivitas jagung berdasarkan hasil ubinan yang dicapai oleh Kelompok Tani Mamminasae sebesar 7 ton per hektar dan realisasi pertanaman sekitar 20 hektar.
 
Lanjut, beliau menjelaskan bahwa harga jagung saat ini cukup menggembirakan karena bisa melebihi harga pokok penjualan yakni 5.200 rupiah per kilogram. Ini menjadi motivasi bagi petani.
 
Selanjutnya, di Kab. Jeneponto, panen raya dipusatkan di Poktan Pannara Bersatu, Lingkungan Pannara, Kel. Empoang Selatan, Kec. Binamu, dan dihadiri oleh bapak Bupati beserta uptd lainnya.
 
Di lingkungan Poktan Panara Bersatu, hasil ubinan mencapai 7,8 ton/ha, Luas panen 15 Ha, luas hamparan 180 ha dan IP 300. "apa yang dicapai ini perlu peningkatan produksi dan penambahan luasan areal tanam. Ini dimaksudkan dalam rangka pencapaian kesejahteraan petani jagung. Demikian ungkap bapak Bupati Jeneponto, saat menghadiri kegiatan panen raya jagung.