Kamis 7 Oktober 2021 BPTP Balitbangtan Sulawesi Selatan menerima kunjungan kerja Bupati Pohuwato Propinsi Gorontalo Bapak H. Syaiful Mbuinga, bersama Kepala Dinas Pertanian Kab.Pohuwato, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Baperlitbang Prov.Gorontalo.

Kunjungan tersebut diterima oleh Kepala BPTP Sulsel yang diwakilkan oleh Bapak Ir.Muh.Saad, MSc.,dan didampingi oleh Kasubag.TU, Peneliti dan Penyuluh BPTP Balitbangtan Sulsel.

Saat kunjangan, Bapak Bupati Pohuwato menyampaikan bahwa kunjungan kerjanya ke BPTP Sulsel dalam rangka menindak lanjuti rencana pemerintah Daerah Kab.Pohuwato untuk mengembangkan komoditas Porang yang menjadi primadona ekspor saat ini.

BPTP Balitbangtan selaku institusi penyedia inovasi teknologi tentunya sangat menerima baik kunjungan kerja ini, karena interaksi kedua lembaga dalam koridor membangun pertanian ke depan dengan memanfaatkan inovasi teknologi adalah penjabaran dari tugas pokok dan fungsi BPTP Susel, yang salah satunya adalah menyebarluaskan inovasi teknologi yang telah dihasilkan oleh Badan Litbang Pertanian.

Pertemuan ini dilanjutkan dengan pemaparan "Prospek Pengembangan Komoditas Porang", oleh Repelita Kallo, STP, MSi (Penyuluh BPTP), dan dilanjutkan dengan diskusi bersama membahas tentang teknis budidaya komoditas porang dan potensi pasarnya.

Dalam diskusi tersebut juga disampaikan bahwa komoditas porang memiliki prospek yang baik untuk dikembangkan karena menguntungkan bagi petani. Khusus di Sulawesi Selatan, terdapat lima pabrik porang dengan kapasitas produksi 5000-10.000 ton/bulan, namun Kebutuhan bahan baku pabrik hanya terpenuhi 30% sehingga potensi pasar masih relatif besar.