Sebagai UPT Badan Litbang Kementerian Pertanian, BPTP Sulsel mempunyai tugas dan fungsi melaksanakan pengkajian, merakit teknologi pertanian, dan mendiseminasikan kepada stakeholder, sehingga BPTP Sulsel sangat terbuka untuk menjalin kerjasama dengan pihak manapun, termasuk kerjasama penelitian dengan Pemda Kabupaten Luwu Timur (Lutim).

Menindak lanjuti kerjasama penelitian dengan Pemda Kabupaten Lutim, BPTP Balitbangtan Sulsel menggelar acara Fokus Grup Discussion (FGD) "Peningkatan Mutu Lada" Selama dua hari (06-07/10/2021) di dua Kecamatan yakni Kecamatan Malili dan Kecataman Tuwoti.

Kegiatan ini diawali dengan melakukan diskusi dengan kelompok responden/partisipan agar diperoleh informasi terkait dengan usahatani Lada dari hulu sampai hilir di Kabupaten Lutim.

Hadir dalam acara ini, Tim peneliti BPTP Sulsel, Balitbangda, Dinas pertanian, Penyuluh, pedagang, petani dan pihak organisasi kemasyarakatan Kabupaten Lutim.

Dari hasil diskusi dengan beberapa partisipan/responden diperoleh kesimpulkan; bahwa ada 3 apek permasalahan petani lada di Lutim yakni: aspek budidaya, penanganan pasca panen dan pemasaran.

Olehnya itu, diperlukan solusi secara teknis dilapangan maupun di tingkat kebijakan pemerintah daerah Kab.Lutim.